Perancis Kaji Akuisisi Saab GlobalEye Untuk Next Generation AEW&C

Perancis Kaji Akuisisi Saab GlobalEye Untuk Next Generation AEW&C

PAGARALAMPOS.COM - Dioperasikan lebih dari 30 tahun, Angkatan Udara dan Luar Angkasa Perancis kini tengah mempersiapkan pesawat pengganti Boeing E-3 Sentry Airborne Early Warning and Control (AEW&C).

Alih-alih mengarahkan pilihan pada platform pesawat komuter narrow body sekelas Boeing 737, Perancis kini tengah melakukan kajian untuk mengadopsi Saab GlobalEye yang mengadopsi platform pesawat jet bisnis Bombardier Global 6000.

Dikutip meta-defense.fr, Perancis akan mempelajari Saab GlobalEye sebagai calon pengganti Boeing E-3 Sentry sebagai bagian dari pembaruan hubungan strategisnya dengan Swedia.

Kedua negara menandatangani deklarasi pada 31Januari 2024 untuk meninjau kerja sama masa depan dalam pengawasan udara dan pertahanan.

BACA JUGA:Harga Yang Fantastis, Mau Tau Jet Tempur Rafale Dibandrol Berapa, Cek Maharnya Disini

Kemungkinan akuisisi Saab GlobalEye Swedia oleh Perancis, dipercaya akan menjadi salah satu topik utama yang dibahas oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron.


Foto : Pesawat global eye.-Perancis Kaji Akuisisi Saab GlobalEye Untuk Next Generation AEW&C-Indomiliter.com

Pada kesempatan pidatonya dalam kunjungan resminya ke Swedia, yang dimulai pada tanggal 30 Januari, ketika Paris dan Stockholm akan memperdalam kerja sama industri mereka di bidang pertahanan.

Pada bulan Februari 1987 Inggris dan Perancis memesan pesawat E-3 dalam proyek bersama yang pengirimannya dimulai pada tahun 1991.

Perancis mengoperasikan pesawat E-3F secara independen dari NATO.Perancis mengoperasikan empat pesawat, yang semuanya dilengkapi dengan mesin CFM56-2 yang lebih baru.

BACA JUGA:Perkuat Hanud, Malaysia Kembali Akuisisi 18 Unit Jet Tempur, Fighting Eagle Diklaim Paling Canggih

E-3F Sentry mengadopsi rotating radar dome (rotodome) jenis AN/APY-2, yakni jenis passive electronically scanned array radar system buatan Northrop Grumman.

Sistem radar tiga dimensi ini dapat mengukur azimuth, jangkauan, dan ketinggian secara bersamaan.

E-3A AWACS US Air Force

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: