Ranpur Amfibi ZAHA Perdananya Diterjunkan Dalam Operasi Serbuan, Kemampuan Tempurnya Luar Biasa

Ranpur Amfibi ZAHA Perdananya Diterjunkan Dalam Operasi Serbuan, Kemampuan Tempurnya Luar Biasa

Foto : Ranpur Amfibi Zaha-Ranpur Amfibi ZAHA Perdananya Diterjunkan Dalam Operasi Serbuan, Kemampuan Tempurnya Luar Biasa-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM Setelah penyerahan batch perdana ranpur amfibi angkut personel ZAHA (Zırhlı Amfibi Hücum Araçları) Marine Assault Vehicle (MAV) ke Komando Angkatan Laut – (Korps Marinir) Turki pada bulan Maret 2023, belum ada kabar lanjutan.

Tentang debut ranpur APC amfibi yang juga ditawarkan serius ke Indonesia ini. Pelibatan ZAHA dalam operasi amfibi yang sesungguhnya tentu dinanti netizen di Tanah Air.

Lantaran Turki tidak dalam konflik yang mengharuskan adanya penggelaran operasi amfibi, maka debut ZAHA MAV sepertinya baru bisa dilihat dalam bentuk pelibatan dalam operasi latihan amfibi.

Seperti dikutip Armyrecogntion.com (20/1/2024), disebut Angkatan Laut Turki telah berhasil melakukan penggelaran operasional perdana pada ranpur ZAHA dalam latihan Sea Wolf-1 2024.

BACA JUGA:Ukraina Modifikasi Ranpur APC M113 dengan Kanon ZU-23-2, Begini Penampakannya

Yang diadalan dari tanggal 7 hingga 16 Januari 2024. Latihan laut ekstensif ini berlangsung di tiga lokasi strategis, Laut Hitam, Laut Aegea, dan Mediterania Timur.

Kepala Staf Komando Angkatan Laut Turki, Laksamana Muda Kaan Turkkan, menguraikan tujuan Sea Wolf-1 2024.

Latihan ini dirancang untuk menilai efektivitas komando operasional dan pengendalian komando afiliasi angkatan laut, meningkatkan tingkat kesiapan elemen yang berpartisipasi, dan meningkatkan tingkat kesiapan elemen yang berpartisipasi.

Juga meningkatkan kemampuan penilaian, pandangan ke depan, dan pengambilan keputusan baik staf kantor pusat maupun unit yang berpartisipasi dalam lingkungan yang menantang.

BACA JUGA:AM-50 Sayyad, Senapan Sniper Hamas Mampu Lumpuhkan Ranpur Lapis Baja Ringan

Pengerahan ZAHA MAV dalam latihan ini menandai tonggak penting bagi Angkatan Laut Turki, yang menunjukkan kemampuan canggih kendaraan serbu amfibi yang dikembangkan dalam negeri. ZAHA dilengkapi dengan perlindungan balistik dan ranjau terkini, dan unggul dalam operasi darat dan air.

Dilibatkannya ZAHA ke dalam Sea Wolf-1 2024 menggarisbawahi komitmen Turki untuk meningkatkan kemampuan angkatan lautnya dengan perangkat keras militer mutakhir yang diproduksi di dalam negeri.

Latihan Sea Wolf-1 tahun 2024, dengan partisipasi sekitar 17.000 personel dan berbagai peralatan militer, menunjukkan semakin besarnya kekuatan dan kemandirian Turki di sektor pertahanan.

Batch pertama ZAHA MAV telah dikirim ke Angkatan Laut Turk pada 25 Maret 2023. Ranpur amfibi ini dikembangkan oleh FNSS Savunma Sistemleri, produsen kendaraan pertahanan terkemuka di Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: