Mengenal Panser Badak 6x6, Tangguh Dimedan Tempur, Juga Penjaga Pertahanan Udara

Mengenal Panser Badak 6x6, Tangguh Dimedan Tempur, Juga Penjaga Pertahanan Udara

Foto : Panser Badak 6x6 produksi Pindad.-Mengenal Panser Badak 6x6, Tangguh Dimedan Tempur, Juga Penjaga Pertahanan Udara-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Panser 6x6 Kanon 90 mm “BADAK” adalah varian baru dari keluarga Ranpur 6x6 PT Pindad (Persero) yang dibuat berdasarkan kebutuhan TNI khususnya satuan kavaleri.

Kendaraan ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 90 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimal dan dioperasikan oleh 3 orang personel.

Mesin diesel 340 HP yang dilengkapi dengan Turbo Charger Intercooler mampu membawa kendaraan ini pada top speed 80 km/h dengan daya jelajah sejauh 600 kilometer.

Bicara spesifikasi, ranpur Badak 6x6 dibuat berdasarkan kebutuhan TNI khususnya untuk mendukung satuan kavaleri.

BACA JUGA:Dislitbang TNI AD Serahkan Sertifikasi Prototipe Ransus Pembawa Amunisi Roket ASTROS II

Kendaraan ini memiliki bobot 16,5 ton, dilengkapi kubah meriam dengan kanon 90 mm buatan Cockerill Maintentance & Ingenierie SA Defence (CMI) asal Belgia.


Foto : Panser Badak 6x6 produksi Pindad.-Mengenal Panser Badak 6x6, Tangguh Dimedan Tempur, Juga Penjaga Pertahanan Udara-Google.com

Di kalangan militer dunia, turret Cockerill CSE 90LP dikenal keandalannya dalam memberikan tembakan yang akurat dan efektif. Turret Cockerill CSE 90LP dapat digunakan untuk mendukung tugas prajurit dalam peperangan kota maupun perang konvensional.

Turret ini juga menggunakan sistem senjata bertekanan rendah, yang menghasilkan tembakan dengan akurasi dan kekuatan yang tinggi, secara simultan.

Dan dapat diandalkan dalam waktu yang lama dengan menggunakan sistem kontrol elektronik dan digital yang dapat digunakan siang dan malam.

BACA JUGA:Zemledeliye Mine Laying System, Ransus Penyebar Ranjau Andalan Rusia di Perang Ukraina

Pindad Badak dibekali mesin diesel berkekuatan 340 dk yang dilengkapi Turbo Charger Inter Cooler. Ranpur ini mencapai top speed 80 km/h dengan daya jelajah sejauh 600 km. Badak juga dilengkapi body protection baja anti peluru dan memiliki level proteksi stanag level 3.

Selain meriam kaliber 90 mm, Pindad Badak juga dibekali senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimal. Ranpur yang diperkenalkan pada 2014 ini bisa dioperasikan 3 orang personel.

Sebagai persenjataannya berupa kanon tunggal kaliber 35 mm dengan amunisi AHEAD (Advanced Hit Efficiency And Destruction).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: