Zemledeliye Mine Laying System, Ransus Penyebar Ranjau Andalan Rusia di Perang Ukraina

Zemledeliye Mine Laying System, Ransus Penyebar Ranjau Andalan Rusia di Perang Ukraina

PAGARALAMPOS.COM - Selain akibat serangan drone kamikaze, artileri dan senjata anti tank, ancaman besar bagi ranpur (kendaraan tempur) di medan konflik berasal dari ranjau darat yang tersebar di beberapa titik yang tidak diduga.

Dan bicara ranjau darat, maka Rusia terbilang sukses menggelar sistem ranjau selama konflik dengan Ukraina.

Untuk menggelar alias menyebarkan ranjau secara cepat dan efektif, adalah tantangan tersendiri bagi pasukan zeni tempur Rusia. Pasalnya, penempatan ranjau jelas diburu waktu guna menjaga kerahasiaan dari lawan.

Untuk itu, pasukan tempur Rusia digaris depan telah memanfaatkan Zemledeliye – truck-mounted mine-laying system – sistem peluncur/peletakan ranjau darat berbasis truk.

BACA JUGA:Gempur Hamas, Israel Mendapat Restu’ Jerman Kerahkan Drone Heron TP Yang Dipersenjatai

Dikutip dari situs perusahaan pertahanan Rusia, Rostec – rostec.ru (13/10/2023), disebut bahwa Rostec telah mengirimkan sejumlah kendaraan khusus (ransus) penyebar ranjau terbaru Zemledeliye kepada pasukan Rusia lebih cepat dari jadwal.

Rostec telah mengirimkan sejumlah Zemledeliye remote minelaying engineering vehicle lebih cepat dari jadwal.

Sistem terbaru ini mampu menyebarkan ranjau dalam area seluas beberapa lapangan sepak bola hanya dalam beberapa menit sejak amunisi diprogram.

"Amunisi tersebut dapat menghancurkan atau menonaktifkan dirinya sendiri di lokasi sasaran,” kata kantor pers Rostec dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA:Begini Kekuatan Kapal Selam Scorpene Evolved Ditempeli Rudal Jelajah dan Torpedo F21, Santer TNI AL Ditawari

Zemledeliye remote minelaying engineering vehicle dapat dengan cepat membuat ladang ranjau terprogram di medan yang sulit diakses.

Bahan peledak tersebut dapat meledak atau dinonaktifkan pada waktu yang ditentukan, yang menjamin pembersihan ranjau secara aman dan cepat setelah operasi tempur berakhir.

Rostec menyebut, Zemledeliye mampu meningkatkan kemampuan tempur pasukan guna mencapai tujuan peletakan ranja.

Sembari mematuhi semua perjanjian internasional mengenai larangan atau pembatasan penggunaan ranjau, jebakan, dan perangkat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: