Makna Baik Dari Surat Ikhlas, Namun Tidak Dianjurkan dibaca Saat Shalat Subuh!

Makna Baik Dari Surat Ikhlas, Namun Tidak Dianjurkan dibaca Saat Shalat Subuh!

Makna Baik Dari Surat Ikhlas, Namun Tidak Dianjurkan dibaca Saat Shalat Subuh!-Net-

Menurut para ulama pada saat sedang menunaikan ibadah sholat subuh, ada beberapa surat di dalam kitab suci Al-Qur'an yang dianjurkan untuk dibaca oleh umat muslim.

Nah, Yang jadi pertanyaan selanjutnya yaitu, apa sih surat yang dianjurkan untuk dibaca pada saat sholat subuh? Dan benarkah tidak boleh membaca surat Al Ikhlas pada saat sholat subuh?

Untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasannya berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber tentang pertanyaan benarkah tidak boleh membaca surat Al Ikhlas pada saat sholat subuh.

BACA JUGA:Didalam Hutan Lebat Miliki Wisata yang Cukup Menarik dan Unik!

Untuk Wajib diketahui bahwa, pada saat sedang menunaikan ibadah sholat subuh, bacaan surat-surat pendek seperti surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas atau surat-surat pendek lainnya tidak dianjurkan untuk dibaca.

Baik itu pada rakaat pertama maupun pada rakaat kedua pada saat sedang menunaikan ibadah sholat subuh sebenarnya tidak dianjurkan untuk membaca surat-surat pendek tersebut.

Namun, bukan berarti membaca surat-surat pendek pada saat sedang menunaikan ibadah sholat subuh itu tidak diperbolehkan tau menjadi tidak sah, tentu saja sholatnta tetap sah.

BACA JUGA:Benarkah Surah Al Ikhlas Tak Dianjurkan Dibaca Saat Sholat Subuh? Kenapa? Ini Penjelasannya!

Hanya saja, menurut para ulama akan lebih afdhol jika membaca surat-surat yang lebih panjang pada saat sedang menunaikan ibadah sholat subuh. Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad

Dari Hadits tersebut, kurang lebih berbunyi 'Orang itu memanjangkan 2 rakaat pertama sholat dhuhur dan meringkankan 2 rakaat terakhir, meringankan bacaan pada sholat ashar dan pada sholat maghrib membaca surat-surat pendek.

Sedangkan pada sholat isya membaca wasathul mufashsal atau surat yang panjangnya pertengahan dan pada saat sholat subuh membaca thiwalul mufashsal atau surat-surat yang panjang.'

BACA JUGA:Bikin Rambut Hitam Glowing! Ini Dia Rekomendasi 4 Shampo Khusus Penghilang Uban

Selain dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad di atas, anjuran untuk membaca surat-surat panjang pada saat menunaikan ibadah sholat subuh juga tertuang dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Musli.

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Ahmad, berikut ini adalah daftar surat-surat panjanga yang dianjurkan untuk dibaca pada saat sholat subuh.

- Surat Al Baqarah ayat 136.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: