Dukung Pengembangan UMKM Lewat KKN PKM

Dukung Pengembangan UMKM Lewat KKN PKM

Dukung Pengembangan UMKM Lewat KKN PKM - KKN PKM: Mahasiswa KKN PKM ITPA lakukan giat pengabdian masyarakat, dengan turut serta mendukung pengembangan UMKM di Desa Penantian.-foto : istimewa/Pagaralampos.com-

PAGARALAMPOS.COM, PAGARALAM – Mahasiswa Institut Teknologi Pagaralam (ITPA) menunjukkan dedikasinya dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Penantian, Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat.

Pada Desember 2023 lalu, mereka melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan fokus pada UMKM keripik pisang di wilayah tersebut.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mewujudkan pengembangan produk olahan hasil pertanian, khususnya UMKM Keripik Pisang, dengan memberdayakan produk-produk seperti Papaya Apes (Abon, Permen, Sale) dan Keripik Kempes (Keripik, Molen, Permen, Sale) yang kurang diminati di pasar.

Dini Puspita Sari, salah seorang Mahasiswa ITPA yang melakukan KKN PKM di Desa Penantian menuturkan, jika langkah awal yang diambil tim KKN PKM ITPA, adalah melakukan pemilihan dan penyortiran hasil pertanian.

BACA JUGA:OMG, Olah Limbah Kertas Jadi Bahan Brickwall, Libatkan Mahasiswa TI dan TS ITPA

Buah pepaya yang terlalu matang, berukuran kecil, atau terkena hama dan penyakit, serta pisang yang sulit terjual karena kondisi terlalu matang, diolah menjadi produk Papaya Apes dan Keripik Kempes.

“Selain itu, tim juga melakukan kegiatan sosialisasi dengan membagikan kalender tahun 2024 sebanyak 50 lembar kepada masyarakat dan dusun-dusun di sekitar Desa Penantian. Masyarakat merespons positif dengan antusias menerima kalender tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan Dini, Dalam upaya mempromosikan UMKM setempat, tim KKN PKM ITPA juga memasang spanduk di lima warung yang tersebar di Desa Penantian, Desa Tertap, Desa Gunung Agung Paoh, dan Desa Muara Jauh.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas produk-produk lokal dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

BACA JUGA:Mahasiwa ITPA KWI Tour 3 Kota, Serap Ilmu dan Implementasikan Dikehidupan Kampus!

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi UMKM keripik pisang tetapi juga melibatkan mahasiswa dalam upaya pembinaan dan pengembangan potensi ekonomi lokal.

Dengan adanya keterlibatan aktif dari mahasiswa ITPA, diharapkan UMKM di Desa Penantian dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: