Hai Lung Class, Kapal Selam Taiwan Bertenaga Diesel Listrik Modern, Penantang Kekuatan Laut Sang Naga

Hai Lung Class, Kapal Selam Taiwan Bertenaga Diesel Listrik Modern, Penantang Kekuatan Laut Sang Naga

Foto : Kapal selam Taiwan.-Hai Lung Class, Kapal Selam Taiwan Bertenaga Diesel Listrik Modern, Penantang Kekuatan Laut Sang Naga-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Insiden hilangnya tiga awak kapal selam Taiwan akibat tersapu gelombang tinggi pada 21 Desember 2023, turut mengangkat nama ROCS Hai Hu (SS-794) – Improved Zwaardvis class.

Pasalnya nyaris terlupakan bahwa ada kapal selam produksi Belanda yang selama ini aktif mengarungi lautan Pasifik.

Di tengah mimpi Taiwan yang akan mengoperasikan kapal selam produksi dalam negeri “Hai Kun”, netizen jarang mengetahui sosok Zwaardvis class atau Hai Lung class.

Meski punya postur kekuatan laut yang tidak gemuk, namun Taiwan selama ini disebut berhasil membangun armada kapal perang yang kompak, modern dan efektif.

BACA JUGA:Dobrak Pasar Eropa, Rumania Jadi Pengguna Rudal Hanud Chiron, Setelah Korsel dan Indonesia

Selain telah meluncurkan kapal selam produksi dalam negeri Hai Kun – (masih dalam tahap sea trial), Taiwan juga juga dikenal sebagai operator kapal selam tertua di dunia.

Yaitu Hai Shih class (aka – Tench-class) – ROCS Hai Shih (SS-791) dan ROCS Hai Bao (SS-792), yang telah berusia 75 tahun dan masih akan dioperasikan sampai tahun 2026.

Terkhusus tentang Zwaardvis class, disebut juga sebagai kapal selam Chien Lung class, atau Hai Lung class (Naga Laut), diproduksi dalam kondisi baru di Belanda oleh Wilton-Fijenoord.

Kapal selam ini adalah modifikasi dari Zwaardvis class yang digunakan Angkatan Laut Belanda yang didasarkan pada kapal selam diesel listrik AS, Barbel class.

BACA JUGA:Spanyol Order 16 Unit Airbus C-295, Ternyata Begini Tujuantya

Dari sejarahnya, pemerintah Taiwan memesan dua kapal selam, masing-masing berdasarkan desain Zwaardvis Belanda pada September 1981. Lunas untuk kedua kapal selam tersebut dipasang oleh galangan Wilton Fijenoord b.v Schiedam pada Desember 1982.

Meskipun pembangunan awal kapal selam ditunda karena ketidakstabilan keuangan pihak galangan, namun pekerjaan kembali dilanjutkan pada tahun 1983.

Kedua kapal selam tersebut diluncurkan pada tahun 1986, ROCS Hai Lung (SS-793) diluncurkan pada 6 Oktober 1986 dan ROCS Hai Hu (SS-794) pada 10 Desember 1986.

Uji coba laut (sea trial) untuk Hai Lung dimulai pada bulan Maret 1987 dan Hai Hu memulai uji coba lautnya pada bulan Januari 1988.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: