Jadi Mimpi Buruk Pasukan Ukraina, Drone Kamikaze Rusia Bawa Roket Termobarik TBG-7V

Jadi Mimpi Buruk Pasukan Ukraina, Drone Kamikaze Rusia Bawa Roket Termobarik TBG-7V

Foto : roket thermibarik Rusia.-Jadi Mimpi Buruk Pasukan Ukraina, Drone Kamikaze Rusia Bawa Roket Termobarik TBG-7V-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Di musim dingin yang mencapai suhu di bawah nol derajat celcius, tak membuat konflik antara Ukraina dan Rusia mengendor. Sebaliknya perang semakin brutal dengan hadirnya improvisasi baru di lapangan, termasuk pada pengguaan drone kamikaze.

Dengan dimensi yang relatif kecil, drone kamikaze unggul dalam kelincahan manuver, namun punya konsekuensi pada daya ledak yang terbatas.

Akan tetapi stigma drone kamikaze yang berdaya ledak terbatas alias nanggung, sepertinya bakal pupus dengan inovasi yang digagas pasukan Rusia.

Dilansir Armyrecognition.com, dikabarkan Rusia mempersenjatai armada drone kamikaze dengan roket termobarik (thermobaric rocket) TBG-7V untuk menyerang basis pasukan Ukraina.

BACA JUGA:Pantau Kapal Penangkap Ikan Dari Cina, AL Chili Kerahkan Kapal Selam Scorpene Class

Dalam konteks konflik di Ukraina saat ini, Rusia telah menambahkan dimensi baru pada strategi militernya dengan menggunakan drone kamikaze yang dipersenjatai dengan roket termobarik TBG-7V.

Penggunaan drone sudah umum dalam perang Ukraina, namun sangat jarang melihat mereka dipersenjatai dengan potensi destruktif sedemikian besar.

Pada foto terlihat roket termobarik TBG-7V diikatkan ke drone. Meskipun penggunaan drone bukanlah hal baru, penggunaan amunisi semacam itu cukup mengejutkan dan khususnya memberikan tingkat kemampuan destruktif yang baru bagi drone kamikaze.

Roket termobarik, seperti TBG-7V, bekerja dengan menyebarkan awan partikel yang mudah terbakar sebelum memicunya, sehingga menciptakan ledakan besar.

BACA JUGA:Berkas Perkara Senpi Ilegal Lengkap, Bareskrim Serahkan Dito ke Kejari Jaksel

Ledakan ini tidak hanya menghasilkan gelombang kejut yang dahsyat tetapi juga menghabiskan oksigen di sekitarnya, sehingga menimbulkan efek sesak napas.

Keunikan senjata-senjata ini terletak pada kemampuannya untuk menyebabkan kerusakan besar di wilayah yang luas, sehingga penggunaannya sangat menakutkan di lingkungan perkotaan atau ruang terbatas.

Rosoboronexport, agen ekspor persenjataan Rusia dalam situsnya menyebut TBG-7V dirancang untuk menimbulkan banyak korban pada pasukan musuh di tempat terbuka dan di dalam perkubuan.

Desain roket memungkinkan operator RPG untuk menyerang semua jenis kendaraan lapis baja ringan, pasukan lawan di dalam perkubuan dan parit pertahanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: