Jerman Mulai Bangun Frigat F126 Class, Digadang Kapal Perang Terbesar Jerman Sejak Perang Dunia II

Jerman Mulai Bangun Frigat F126 Class, Digadang Kapal Perang Terbesar Jerman Sejak Perang Dunia II

Foto : Frigat kapal perang perusak.-Jerman Mulai Bangun Frigat F126 Class, Digadang Kapal Perang Terbesar Jerman Sejak Perang Dunia II-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Angkatan Laut Jerman begitu kuat semasa Perang Dunia Kedua, bukan hanya armada kapal selam, aset kapal permukaannya pun sangat disegani sekutu, seperti halnya Bismarck class battleship yang bobotnya mencapai 50.000 ton.

Namun begitu Jerman kalah perang, maka kekuatan ofensif armada perangnya diubah menjadi defensif dengan bobot kapal perang dan persenjataan yang dibatasi dalam struktur kerja sama NATO.

Meski tidak lagi membangun kapal perang sekelas Bismarck, ada kabar bahwa Angkatan Laut Jerman tengah membangun kapal perang terbesar sejak Perang Dunia Kedua berlalu.

Dikutip TheDrive.com, pekerjaan telah dimulai pada pembangunan kapal perang Jerman generasi mendatang, yang disebut Project F126, yang digambarkan oleh sebagai “proyek pembuatan kapal terbesar dalam sejarah Angkatan Laut Jerman.

BACA JUGA:Dipasang Rudal Anti Tank 9M113 Konkurs, Land Cruiser 4×4 DMS-K Bereinkarnasi Ranpur Tangguh Saingi MBT

Kapal-kapal ini secara fisik akan menjadi kapal perang permukaan terbesar yang bergabung dengan Angkatan Laut Jerman sejak Perang Dunia Kedua.

Pembangunan Project F126 diproyeksikan sebanyak enam unit, meski baru empat unit yang saat ini sudah diikat dalam kontrak pembuatan.


Foto : Frigat kapal perang perusak.-Jerman Mulai Bangun Frigat F126 Class, Digadang Kapal Perang Terbesar Jerman Sejak Perang Dunia II-Indomiliter.com

Pemotongan plat baja pertama Project F126 telah dilakukan lewat upacara yang diadakan di galangan kapal Peene di Wolgast, Jerman, untuk menandai dimulainya tahap konstruksi.

Kontrak konstruksi untuk empat F126 pertama diberikan kepada kontraktor utama, galangan kapal Belanda Damen Naval, pada Juni 2020, bersama dengan subkontraktor Blohm+Voss dan Thales.

BACA JUGA:Thales Alenia Space Dan PT Len Industri Pasok Sistem Integrasi Radar Dan Satelit Optik Untuk Kemhan RI

Di bawah program konstruksi yang rumit, kapal-kapal tersebut akan seluruhnya dibangun di Jerman, di tiga galangan kapal berbeda di kota Wolgast, Kiel, dan Hamburg.

Galangan kapal Peene di Wolgast bertanggung jawab atas pekerjaan baja dan pra-perakitan buritan. Bagian depan kapal akan dibangun di Kiel, kemudian disatukan dengan buritan dan kemudian ditarik melalui laut ke galangan kapal Blohm+Voss di Hamburg.

Meskipun secara resmi ditetapkan sebagai frigat, namun kapal perang F126 akan berukuran besar. Masing-masing kapal akan memiliki panjang 166 meter, lebar 21,7 meter dan memiliki bobot perpindahan hingga 11.000 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: