Sejarah Pendekar Sakti Asal Bali Patih Kebo Iwa, Bahkan Gajah Mada Takut?

Sejarah Pendekar Sakti Asal Bali Patih Kebo Iwa, Bahkan Gajah Mada Takut?

Sejarah Pendekar Sakti Asal Bali Patih Kebo Iwa, Bahkan Gajah Mada Takut?-tangkapan layar-youtube H&Made

BACA JUGA:Gempur Dunia Otomotif dengan Trobosan Terbaru! Polytron Kenalkan Fox R yang Makin Canggih

Nama Kebo Iwa sendiri mengandung arti “paman kerbau” yang seolah mencerminkan perawakannya tersebut.

Bagi masyarakat Bali, Kebo Iwa merupakan tokoh yang mengorbankan dirinya dalam sebuah peristiwa kepahlawanan di balik bersatunya Kerajaan Bali dan Majapahit. 

Peristiwa itulah yang menjadi salah satu cikal-bakal persatuan Nusantara. Bagaimana kisahnya? Simak ulasan singkatnya dalam artikel berikut.

Kebo Iwa merupakan sosok yang sangat disegani banyak orang, termasuk oleh Gajah Mada, patih Kerajaan Majapahit pada masa itu. 

Selama ada Kebo Iwa, Majapahit tidak pernah berhasil menguasai wilayah Bali. Berkat kekuatan dan kesaktiannya, semua kapal Kerajaan Majapahit yang menuju Bali ditenggelamkan olehnya.

BACA JUGA:4 Senjata Khas Sumatera Selatan, Salah satunya Ada Kudok Suku Pasemah!

Menganggap Kebo Iwa sebagai batu sandungan politik ekspansionisnya, Patih Gajah Mada pun akhirnya mengatur strategi untuk menaklukkan dirinya. 

Mengutip buku 108 Cerita Rakyat Terbaik Asli Nusantara oleh Marina Asril Reza, dengan tipu dayanya, Gajah Mada mengundang anak dari Panglima Rakyan Buncing tersebut ke Majapahit untuk mempererat tali silaturahmi antara Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Bedahulu.

Gajah Mada memuji pemerintahan Sri Astasura Bumi Banten. Ia juga berjanji akan memperkenalkan Kebo Iwa kepada seorang gadis yang bisa dia persunting. 

Setelah itu, patih Gajah Mada meminta tolong kepada Kebo Iwa untuk membangun sumur di Kerajaan Majapahit yang saat itu sedang kekeringan.

BACA JUGA:Ternyata Begini Ceritanya, Awal Mula Terbentuknya Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Tanpa menaruh rasa curiga sedikit pun, Kebo Iwa menyanggupi permintaan tersebut. Menurutnya, ini adalah salah satu cara yang bisa ia lakukan untuk membantu kepentingan rakyat banyak.

Malangnya, niat tulus Kebo Iwa itu justru membuatnya terjebak dalam siasat Gajah Mada. Sesampainya di Majapahit, sang patih dibunuh oleh seluruh pasukan Majapahit di bawah perintah Gajah Mada.

Gugurnya Kebo Iwa tersebut mempermudah ekspedisi penaklukan Bali oleh Majapahit yang dipimpin Adityawarman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: