Ternyata Begini Ceritanya, Awal Mula Terbentuknya Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

Ternyata Begini Ceritanya, Awal Mula Terbentuknya Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia

PAGARALAMPOS.COM - Hari-hari besar nasional Indonesia merupakan hari-hari yang bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kemerdekaan yang di rasakan oleh rakyat Indonesia saat ini merupakan hasil dari keputusan yang di ambil pada saat hari-hari bersejarah itu.

Hari lahirnya Pancasila merupakan salah satu di antaranya. Hari yang di peringati pada setiap tanggal 1 Juni ini merupakan titik balik dari penentuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui banyak proses terbentuknya pancasila, rumusan demi rumusan, menyatukan beberapa pendapat.

BACA JUGA:Viral, Terkubur Logam Mulia di Situs Gunung Padang, Pendapat Peneliti EMAS, Kandungan Sebanyak Ini!!!

Serta menerima aspirasi rakyat melahirkan Ideologi dan dasar negara Indonesia yang disebut Pancasila.

Sedikit sejarah sebelum pembentukan Pancasila, berawal dari dijajahnya Bangsa Indonesia oleh Bangsa Portugis pada tahun 1511.

Yang kemudian disusul oleh dua negara yaitu Spanyol dan juga Inggris yang juga ikut serta menjajah Indonesia.


Foto : Histori Pancasila.-Ternyata Begini Ceritanya, Awal Mula Terbentuknya Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia-Militer.id

Hal ini yang merupakan awal dari keterpurukan Bangsa Indonesia pada saat itu. Dan lebih buruknya, di tambah dengan kedatangan Belanda pada tahun 1596.

BACA JUGA:Ada Polwan Baru, Kapolres Pagar Alam Berikan Tradisi Penyambutan

Yang kemudian di lanjutkan dengan pembentukan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) tepatnya pada tanggal 20 Maret 1602 yang bertujuan untuk menguasai perdagangan di wilayah Asia.

Pada tanggal 9 Maret 1942, penjajahan Belanda terhadap Indonesia berakhir. Berakhirnya penjajahann pemerintahan Hindia Belanda tanpa sebab atau yang sering di sebut menyerah tanpa syarat.

Belanda menyerah tanpa syarat terhadap tentara Jepang yang merupakan penjajah terakhir Negara Indonesia sebelum akhirnya berhenti menjajah Indonesia dikarenakan tentaranya kalah melawan sekutu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: