Penemuan Koin Kuno Di Pegunungan Alpen, Benarkah Milik Bangsa Romawi?

Penemuan Koin Kuno Di Pegunungan Alpen, Benarkah Milik Bangsa Romawi?

Penemuan Koin Kuno Di Pegunungan Alpen, Benarkah Milik Bangsa Romawi?-tangkapan layar-tribun.com

BACA JUGA:Cara Pengolahan 2 Makanan Khas Pagar Alam Yang Unik dan Lezat

Mendapatkan laporan tersebut Pihak yang berwenang langsung bergegas Meneliti, lalu akhirnya terungkap jelas bahwa situs di dataran tinggi tersebut menyembunyikan lebih dari sekadar beberapa keping uang.

Melansir dari Newsweek, Manajer proyek ilmiah di tim arkeologi Regula Gubler, yang telah meneliti situs tersebut sejak 2022 mengatakan bahwa itu adalah Koin Romawi Kuno.

“Kami kadang-kadang menemukan satu koin Romawi di Pegunungan Alpen, tetapi situs ini tidak biasa karena jumlah koin dan lokasinya,” ungkap Gubler.

Menurutnya, mereka baru awal penyelidikan, namun timnya menilai bahwa lokasi tersebut merupakan tempat suci pada zaman dahulu.

BACA JUGA:Ini Nama-nama Dusun di Pagaralam Penuh Sarat Makna dan Sejarah

“Orang pergi ke sana untuk menyimpan persembahan nazar (kaul) terutama koin, tetapi juga benda-benda lain (dan) meminta sesuatu kepada dewa atau berterima kasih kepada mereka. Saya kira semacam ziarah,” ungkapnya.

Menemukan Barang Zaman Romawi

Menurut beberapa sumber, para arkeolog telah menemukan banyak benda disana, seperti 100 koin Romawi kuno, 59 paku sepatu Romawi, 27 kristal batu kecil, pecahan plakat nazar berbentuk daun dan sebuah bros. 

Pada ketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut dan jauh dari tempat-tempat yang biasa dilalui, situs tersebut terbukti sulit dijangkau bahkan oleh tim penggalian modern.

“Tempat itu jauh dari tempat tinggal manusia, baik hari ini maupun di zaman Romawi dan jelas bukan jalan masuk,” ungkapnya.

BACA JUGA:Kuasai Teknik Mengemudi Mobil Manual Ini, Dijamin Pasti Aman di Jalan Tanjakan, Ini Dia Tekniknya!

Meski begitu, hal itu menunjukkan bahwa situs tersebut dahulunya adalah tempat yang penting bagi masyarakat lokal yang ada disana dahulu kala.

Adriano Boschetti adalah seorang arkeolog dari Layanan Arkeologi Kanton Bern dalam sebuah pernyataan mengatakan beberapa hal tentang ini.

“Tidak dapat dikesampingkan bahwa dataran tinggi antara puncak Ammertenhorn dan Pegunungan Wildstrubel, jika terlihat dari jauh, adalah tempat suci,” jelas Adriano Boschetti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: