Main Battle Tank Rusia Punya Volnorez, Sistem Jammer Anti Drone Kamikaze FPV

Main Battle Tank Rusia Punya Volnorez,  Sistem Jammer Anti Drone Kamikaze FPV

Foto : MBT Rusia.-Main Battle Tank Rusia Punya Volnorez, Sistem Jammer Anti Drone Kamikaze FPV-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Main Battle Tank (MBT) Rusia dan Ukraina punya kesamaan dalam perang yang hampir berjalan dua tahun ini, yakni sama-sama ‘kenyang’ menghadapi serangan drone kamikaze (loitering munition).

Menyadari bahwa perang mungkin akan masih berlanjut cukup lama, ada kabar bahwa MBT Rusia belum lama ini telah dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik anti drone (counter-drone electronic warfare system) jenis baru.

Yang dimaksud adalah Volnorez, yang menurut defence-blog.com (27/11/2023), telah dikonfirmasi penggunaannya pada beberapa MBT Rusia. Volnorez dirancang untuk melawan drone kamikaze yang akan menyerang MBT Rusia.

Sistem Volnorez membentuk perisai pelindung di sekeliling tank. Di bawah sistem jammer, drone kamikaze FPV (First Person View) menjadi tidak mampu menerima perintah atau mengirimkan data ke operatornya.

BACA JUGA:Hadiri Deklarasi Kampanye Pemilu Damai di KPU, Begini Arahan Kapolri

Menurut sumber-sumber Rusia, sistem tersebut beroperasi dalam rentang frekuensi 900 hingga 2000 MHz dan mengganggu sinyal dari drone pada jarak sekitar 600 meter.

Rentang frekuensi ini selaras dengan frekuensi operasional sebagian besar drone yang saat ini digunakan.


Foto : MBT Rusia.-Main Battle Tank Rusia Punya Volnorez, Sistem Jammer Anti Drone Kamikaze FPV-Indomiliter.com

Sistem Volnorez mengganggu komunikasi drone dengan stasiun kendalinya, menyebabkan drone keluar jalur dan kehilangan kontak.

Kemampuan ini secara signifikan membentengi MBT terhadap gangguan drone. Sistem EW (Electronic Warfare) yang dipasang pada MBT memastikan cakupan 360 derajat penuh, memberikan perlindungan komprehensif.

BACA JUGA:Kakorlantas Kenalkan Pollman, Tumbuhkan Budaya Tertib Lalu Lintas pada Anak Usia Dini

Selain itu, sistem ini dapat dikendalikan dari jarak jauh, menambah lapisan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi untuk secara efektif melawan berbagai ancaman drone.

Volnorez radio jamming station pertama kali dipamerkan ke publik pada Agustus 2023 di Army 2023.

Sistem ini didemonstrasikan pada berbagai kendaraan lapis baja, termasuk tank, untuk menggambarkan adaptasinya terhadap skenario medan perang modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: