Kapal Induk Type 003 Fujian Dilengkapi Katapel Elektromagnetik, Fungsinya Untuk Apa Ya

Kapal Induk Type 003 Fujian Dilengkapi Katapel Elektromagnetik, Fungsinya Untuk Apa Ya

Foto Kapal Induk Cina-Kapal Induk Type 003 Fujian Dilengkapi Katapel Elektromagnetik, Fungsinya Untuk Apa Ya,-Indomiliter.com

BACA JUGA:Rakornas Gakkumdu, Kapolri dan Panglima TNI Komitmen Netralitas di Pemilu 2024

Katapel elektromagnetik juga memungkinkan lepas landas yang lebih cepat, meningkatkan efisiensi energi, dan mengurangi stres pada rangka pesawat selama proses lepas landas.

Dikutip eurasiantimes.com, kapal induk Fujian jauh lebih besar dari kapal induk Cina sebelumnya. Seperti Liaoning 60.000 ton dan Shandong 66.000 ton, maka berat Fujian mencapai 80.000 ton.

Fujian juga jauh lebih besar dari kapal induk Perancis Charles de Gaulle (42.000 ton) dan kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth (65.000 ton). Namun Fujian lebih kecil dari USS Gerald R. Ford yang bobotnya 100.000 ton.

Jet tempur yang siap beroperasi saat ini adalah Shenyang J-15 T, yakni varian yang diperbarui dari jet tempur J-15 yang telah digunakan pada dua kapal induk sebelumnya.

BACA JUGA:Legenda Jung Jawa di Masa Kejayaan Majapahit, Kapal Raksasa Dalam Sejarah Dunia

Dan J-15T adalah satu-satunya jet tempur aktif milik Cina yang siap bekerja dengan sistem ketapel elektromagnetik baru.

Cina membutuhkan minimal tiga kapal induk untuk mempertahankan keunggulan udara dan kontrol laut di wilayah Indo-Pasifik strategis.

Pengujian Fujian juga menunjukkan kemampuan Cina untuk membangun kapal perang di dalam negeri dengan kecepatan fantastis. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: