Diam Diam Kazaktan Ikuti Jejak Uzbekistan, Kepincut Beli Jet Tempur Rafale

Diam Diam Kazaktan Ikuti Jejak Uzbekistan, Kepincut Beli Jet Tempur Rafale

PAGARALAMPOS.COM - Setelah Uzbekistan yang minat membeli 24 jet tempur Rafale, kini deman jet tempur buatan Dassault Aviation seperti menular.

Negara tetangga Uzbekistan, yakni Kazakhstan dikabarkan juga ingin membeli Rafale. Berbeda dengan Uzbekistan yang telah menyebut jumlah yang diinginkan.

Negara di Asia Tengah yang juga pecahan Uni Soviet ini belum merinci jumlah Rafale yang ingin dibeli.

Selama kunjungan Presiden Perancis Emmanuel Macron ke Kazakhstan pada tanggal 29-30 Oktober 2023, tidak hanya enam kontrak besar yang ditandatangani.

BACA JUGA:Kapolri Tegaskan Kesiapan Menghadapi Praperadilan yang Diajukan Firli

Khususnya terkait dengan penyediaan radar intai Thales Ground Master (GM) 400, melainkan juga pembicaraan tentang Kazakhstan yang ingin mengikuti jejak Uzbekistan yang menyatakan minat untuk membeli jet tempur Rafale.


Foto : Jet tempur Rafale.-Diam Diam Kazaktan Ikuti Jejak Uzbekistan, Kepincut Beli Jet Tempur Rafale-Indomiliter.com

Dikutip Defense Expess (27/11/2023), belum diungkapkan berapa jumlah pesawat yang ingin dibeli Kazakhstan dan dalam jangka waktu berapa pesawat ingin didatangkan.

Kabar minat Kazakhstan pada jet tempur Rafale pertama kali dipublikasi oleh portal berita Perancis La Tribune, yang mengacu pada pernyataan orang di dalam industri militer Prancis yang berwenang, Michel Cabirol.

Kenginan Kazakhstan untuk mengakuisisi Rafale muncul setelah rencana Angkatan Udara Kazakhstan untuk menjual secara lelang armada jet tempur era Soviet, seperti pembom tempur Su-24, dan jet tempur MiG-27, MiG-29 dan bahkan MiG-31.

BACA JUGA:Rakornas Gakkumdu, Kapolri dan Panglima TNI Komitmen Netralitas di Pemilu 2024

Media Kazakh mengumumkan rencana mengadakan lelang penjualan pesawat yang dinonaktifkan pada pertengahan Oktober 2023 lalu, namun sejauh ini belum ada laporan mengenai hasilnya.

Penjualan jet tempur yang sudah tidak bisa digunakan lagi sesuai peruntukannya, sehingga ratusan jet tempur yang dijual hanya cocok untuk dibongkar menjadi logam non-ferrous.

Yang paling modern di armada pesawat tempur Angkatan Udara Kazakhstan adalah 23 unit Su-30SM, yang diterima dari Rusia dalam beberapa batch selama periode 2015-2022, satu lagi pesawat jenis ini hilang karena bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: