Kaya Ragam Budaya, Inilah 5 Suku yang Ada di Sulawesi Utara

Kaya Ragam Budaya, Inilah 5 Suku yang Ada di Sulawesi Utara

5 Suku Asli yang Ada di Sulawesi Utara -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM -  Indonesia terkenal memiliki banyak jenis suku yang tersebar di setiap pulau.

Pulau Sulawesi secara administratif terdiri dari enam provinsi yaitu provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat. 

Seperti diketahui, Pulau Sulawesi dihuni oleh masyarakat yang heterogen dari berbagai macam suku bangsa.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa.

BACA JUGA:Masih Bingung!, Ini Panduan Memilih Aki Motor Terbaik untuk Performa Optimal dan Tahan Lama

Sama seperti Indonesia yang kaya akan budaya dan adat istiadat suku, Sulawesi Utara juga kaya akan lima suku asli dengan populasi lebih dari 800.000 jiwa.

Salah satunya adalah wilayah Minahasa, salah satu tempat migrasi pertama masyarakat Austronesia ke arah selatan pada akhir milenium ketiga dan kedua SM.

Menurut hipotesis yang diterima secara luas, orang Austronesia awalnya mendiami Taiwan, sebelum bermigrasi dan menjajah wilayah Filipina utara, Filipina selatan, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sebelum terpecah menjadi beberapa kelompok, satu kelompok menuju ke barat menuju Jawa, Sumatra dan Malaysia, sedangkan kelompok lainnya menuju ke timur menuju Oseania.

BACA JUGA:Wisata yang Lagi Hits, Inilah kota Majalengka yang Banyak di Kunjungi Wisatawan

Keberagaman yang dimiliki Sulawesi Utara, khususnya suku bangsanya, tentu tidak menjadi penghalang tingginya tingkat toleransi di wilayah ini.

Sulawesi Utara, beberapa suku telah mendiami wilayah ini sejak zaman dahulu.

Pernikahan antar etnis juga tidak bisa dihindari karena alasan kehidupan sosial.

Di Sulawesi Utara, terdapat tiga pembagian wilayah. Bolaang Mongondow Raya, Minahasa Raya dan Nusa Utara. Dari tiga wilayah ini terdapat dan berdiam sejumlah suku yang diakui di Sulawesi Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: