Menyusuri Keindahan Gunung Papandayan Cisurupan Garut yang Menakjubkan

Menyusuri Keindahan Gunung Papandayan Cisurupan Garut yang Menakjubkan

Menyusuri Keindahan Gunung Papandayan Cisurupan Garut yang Menakjubkan -Foto: net-

Ditulis dalam jurnal yang berjudul Dari Pesanggrahan Hingga Grand Hotel: Akomodasi Penginapan Untuk Turis Pada Masa Hindia-Belanda di Priangan (1869-1942), Frans Ferdinand bahkan dikatakan pernah mendaki ke gunung yang terakhir kali meletus pada November tahun 2002 ini.

Dengan pesona alam yang melimpah, tak heran pada abad 19 dan abad 20 awal Garut menjadi destinasi wisata unggulan di Tanah Priangan.

Dalam catatan perjalanan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi serta keindahan yang pernah saya lihat dan juga potret ketika mendaki ke Gunung Papandayan beberapa waktu yang lalu.

Karena jaraknya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Garut, dan hanya perlu 3 jam perjalanan dari Kota Bandung membuat gunung ini cukup sering saya kunjungi. 

BACA JUGA:Inilah 3 Merk Ban Motor Terkenal Paling Awet dan Murah

Untuk masuk kawasan Gunung Papandayan kita tidak perlu syarat-syarat tertentu seperti halnya saat akan mendaki ke gunung yang dikelola oleh Taman Nasional.

Terkecuali untuk kondisi seperti sekarang ini, kita diharuskan membawa surat keterangan sehat sebagai syarat pendakian serta selalu menggunakan masker saat berada di area publik yang banyak orang. 

Sedangkan untuk tiket masuk ke Gunung Papandayan memang dikenal lumayan mahal dibanding gunung lain.

Berikut rincian harganya, tiket masuk hari biasa seharga Rp20.000 sementara hari libur Rp30.000 dan untuk tiket kempingnya seharga Rp35.000.

BACA JUGA:Eksplorasi Wisata Alam di Tuban, Pesona Kolam Renang Alami Sumber Krawak Jadi Tempat Favorit di Musim Kemarau

Belum lagi jika kita membawa kendaraan roda 4 maka harus membayar lagi biaya tiket dan parkir seharga Rp50.000. Cukup mahal bukan?

Meskipun Gunung Papandayan ini sering dianggap sebagai gunung yang kurang menantang oleh para pendaki, tapi keindahannya tak kalah dengan gunung yang lebih tinggi.

Banyak tempat indah yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto atau selfie. 

Mulai dari Pondok Salada yang banyak ditumbuhi bunga edelweiss, Hutan Mati yang begitu eksotis hingga Ghober Hoet yang sangat cantik ketika dijadikan tempat menyaksikan matahari terbit.

BACA JUGA:Melihat Keindahan Jambi, 7 Lokasi di Jambi Ini Masih Jadi Titik Kumpul Favorit saat Weekend

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: