Paraguay Masih Operasikan Tank Zaman Perang Dunia ke II, M3 Stuart dan M4 Sherman

Paraguay Masih Operasikan Tank Zaman Perang Dunia ke II, M3 Stuart dan M4 Sherman

PAGARALAMPOS.COM - Setua-tuanya usia ranpur (kendaraan tempur) yang dioperasikan TNI, sudah tidak ada yang keluaran era Perang Dunia Kedua. Namun, ada kabar yang unik datang dari Paraguay.

Negeri di Amerika Latin itu ternyata masih mengoperasikan ranpur lapis baja roda rantai era Perang Dunia Kedua, yakni tank ringan M3 Stuart dan tank medium M4 Sherman.

Meski dioperasikan untuk kebutuhan latih, namun kedua ranpur yang pernah berjaya di era Nazi itu masih berstatus beroperasi penuh, berbeda dengan (misalnya) M3 Stuart di Indonesia yang kini hanya untuk kebutuhan display pada saat pameran militer.

Dikutip armyrecognition.com dari Gabriel Porfilio (InfoDefensa), disebut bahwa Angkatan Darat Paraguay memiliki kekuatan tank sederhana yang terdiri dari 15 unit tank ringan M3 Stuart.

BACA JUGA:Jalin Silaturahmi Kebangsaan Bersama Masyarakat Sumsel, Wakapolri Tekankan Persatuan Jelang Pemilu

Dan 3 unit tank medium M4 Sherman, yang awalnya semua digunakan oleh Angkatan Darat AS pada Perang Dunia Kedua.

M3 Stuart diterima Angkatan Darat Paraguay pada tahun 1970, yang hasil disumbangkan Brazil, sedangkan unit terakhir disumbangkan oleh Argentina pada tahun 1980.


Foto : Ranpur lapis baja.-Paraguay Masih Operasikan Tank Zaman Perang Dunia ke II, M3 Stuart dan M4 Sherman-Indomiliter.com

Unit-unit tank lawas ini masih aktif di Resimen Kavaleri hingga tahun 1996. Saat itu, armada tank tua tersebut ditempatkan sebagai cadangan setelah ada ancaman kudeta militer.

Meski begitu, karena dianggap sudah usang, tank-tank ini tetap disimpan sebagai cadangan hingga tahun 201.

BACA JUGA:Divhumas Polri Gandeng Mantan Teroris Cegah Berkembangnya Paham Radikalisme dan Intoleransi

Ketika proses remotorisasi dimulai untuk lima unit M3 dan M3A1 dalam jumlah yang sama, termasuk penggantian senapan mesin dari kaliber 30 menjadi .50 (12,7 mm).

Nama tank ini diambil dari salah seorang jenderal yang memimpin tentara konfederasi ketika Perang Saudara AS, yaitu Jenderal JEB Stuart.

Ranpur ini dirancang sebagai tank ringan (light tank) dengan empat awak. Stuart terlibat aktif dalam palagan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: