Genjot Produksi, Petani Dapat Bantuan Pupuk Organik Cair Gratis

Genjot Produksi, Petani Dapat Bantuan Pupuk Organik Cair Gratis

Genjot Produksi, Petani Dapat Bantuan Pupuk Organik Cair Gratis - Bupati-Wakil Bupati Lahat, Cik Ujang SH-Haryanto SE MM MBA salurkan bantuan pupuk organik cair ke kelompok tani di Kecamatan Muara Payang. -istimewa-istimewa

LAHAT, PAGARALAMPOS.COM - Upaya untuk membantu petani di Kabupaten Lahat, terus dilakukan Bupati Lahat, Cik Ujang SH-Wabup Lahat, Haryanto SE MM MBA.

Jika sebelumnya sejumlah bantuan bibit perkebunan telah disalurkan, seperti bibit kopi, sawit, vanili dan serai wangi, kali ini Cik Ujang menyalurkan bantuan Pupuk Organik Cair (POC) ke puluhan kelompok tani di Kabupaten Lahat.

Cik Ujang mengatakan, pembagian POC gratis ini tujuannya tidak lain sebagai upaya peningkatan hasil perkebunan masyarakat di Kabupaten Lahat. Karena pupuk jadi salah satu penentu, baik tidaknya hasil dari perkebunan.

Apalagi saat ini, Lahat jadi salah satu wilayah penyuplai sejumlah hasil perkebunan di Sumsel.

BACA JUGA: Warga Lahat Usulkan Imam Pasli Jadi PJ Bupati Lahat

"Jika bibit sudah bagus, pupuknya bagus juga, hasilnya juga pasti akan bagus. Dengan begitu, petani kita jadi sejahtera, Lahat pun akan terus bercahaya," kata Cik Ujang, disela kegiatan syukuran bersama masyarakat di Kecamatan Jarai Area, Rabu (8/11/2023).

Cik Ujang menuturkan, selama ini Pemkab Lahat melalui Dinas Perkebunan Lahat, telah berupaya menyiapkan bibit unggul sejumlah komoditi perkebunan di Lahat. Mulai dari bibit kopi, bibit sawit, vanila dan serai wangi.

Agar hasil kebun meningkat, Pemkab Lahat juga telah lakukan beragam upaya lain.

Seperti contoh, untuk komoditi kopi, memberikan bantuan stek kopi, sehingga hasil panen kopi petani terus meningkat.

BACA JUGA:Akibat Debu dan Kebakaran Lahan, Warga Lahat Mulai Diserang ISPA

Sedangkan untuk komoditi sawit, dengan cara melakukan reflenting untuk ratusan hektar sawit milik petani di Lahat.

"Semua ini kami upayakan, semata mata untuk meningkatkan pendapatan para

petani di Lahat agar mencapai kesejahteraan," tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Perkebunan Lahat, Vivi Anggraini SSTP MSi menerangkan, pembagian pupuk organik cair ini bagian dari program pengembangan komoditi perkebunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: