Dari Helikopter Bell 214, Iran Sukses Luncurkan Rudal Udara Ke Darat Haydar, Ternyata Ledakannya Seperti Ini

Dari Helikopter Bell 214, Iran Sukses Luncurkan Rudal Udara Ke Darat Haydar, Ternyata Ledakannya Seperti Ini

Foto : Helikopter Bell 214.-Dari Helikopter Bell 214, Iran Sukses Luncurkan Rudal Udara Ke Darat Haydar, Ternyata Ledakannya Seperti Ini-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Saling ancam antara Iran dengan Amerika Serikat/Israel dalam menyikapi perang di Gaza bisa merembet ke konflik terbuka.

Selain jalur damai yang terus diupayakan untuk meredakan bencana kemanusiaan di Palestina, militer Iran juga menggelar latihan perang dengan sandi Eghtedar (Otoritas) 1402.

Yang berlangsung di distrik Nasrabad, provinsi Isfahan. Yang menarik, dalam latihan ini sukses diuji coba rudal udara ke permukaan Haydar (Heidar)

Meski berkonflik dengan AS, untuk urusan helikopter serang/serbu, militer Iran uniknya masih ‘setia’ menggunakan helikopter buatan AS, yang dulu didatangkan saat Syah Iran Reza Pahlavi berkuasa.

BACA JUGA:Boeing Luncurkan F-15EX Ketiga, Dalam Konfigurasi Operasional Akhir

Dikutip dari tehrantimes.com (29/10/2023), sebuah helikopter serbu Bell 214 milik Angkatan Darat Iran, berhasil meluncurkan rudal udara ke permukaan Haydar, yang notabene adalah produksi dalam negeri.

Helikopter Bell 214 menembakkan rudal tersebut pada hari Sabtu lalu, yang menjadi hari kedua latihan ekstensif Eghtedar (Otoritas) 1402.

Rudal Haydar dapat mencapai target yang ditentukan dengan sempurna dari jarak 30 km, dan menghancurkan target secara sempurna.

Latihan militer Eghtedar 1402 oleh Angkatan Darat Iran dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi tingkat pelatihan dan meninjau titik-titik kelemahan dan kekuatan.

BACA JUGA:Kapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 14 Pati Polri, Komjen Imam Resmi Jabat Dankor Brimob

Yang pada akhirnya dapat mengembangkan dan meningkatkan kekuatan pertahanan dan tempur dalam menghadapi ancaman yang akan datang,

Menurut laporan, rudal Haydar dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS), yang memberikan pilot kendali penuh atas rudal dan memungkinkannya terbang ke arah sasaran dengan baik.

Rudal Haydar disebut punya panjang 3,83 meter dan berat sekitar 40 kg. Dalam jarak puluhan kilometer, rudal udara-ke-darat ini dapat menghancurkan sasaran tetap dan bergerak dengan payload hulu ledak 20 kg.

Iran mengklaim bahwa target berupa bunker beton dan ranpur lapis baja musuh akan dengan mudah dihancurkan oleh rudal Haydar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: