Boat Patroli Pesanan TNI AL, Combat Boat 18M Lantamal XI Merauke, Lincah Dengan Kemampuan Serbu Amfibi

Boat Patroli Pesanan TNI AL, Combat Boat 18M Lantamal XI Merauke, Lincah Dengan Kemampuan Serbu Amfibi

Special Mission Combat Boat ini akan di distribusikan ke Koarmada III dibawah jajaran Lantamal XI Merauke.

BACA JUGA:Bersama Gajah Mada, Sebelum Nusantara Bersatu, Tribhuwana Tunggadewi Tak Akan Merasakan Kenikmatan Duniawi

Combat Boat ini memiliki panjang 18,30 meter dengan lebar 4,2 meter. Dari aspek kecepatan, disokong dua mesin utama jenis Caterpillar C12 ACERT 705 BHP.

Serta propulsi twin waterjet Hamilton HJ422, Combat Boat ini memiliki kecepatan maksimal 35 knots, kecepatan jelajah 30 knots, serta kecepatan ekonomis 15 knots.

Memiliki kapasitas fuel tank 3.600 Liter, dengan kapasitas fress water tank 300 liter. Combat Boat ini diawak 7 personel dan dapat membawa akomodasi untuk 14 pasukan.

Combat Boat ini dilengkapi pintu (ramp door) untuk keluar masuk pasukan dari depan haluan. Konsep ini sangat memudahkan untuk mendaratkan pasukan di area yang sedikit menyempit.

BACA JUGA:Mantep Betul Wisata Dialam Bebas, Boringmu Auto Lenyap Camping Ground di 5 Lokasi di Bogor Ini

Kehandalan lain yang diperlihatkan, kapal dapat melaju hingga menyentuh bibir pantai, layaknya LCU (Landing Craft Utility)

Combat Boat 18M ini memiliki sistem navigasi Radar Furuno type 1835, Magnetic Compas Voyager, dan Echo Sounder Furuno type FCV-688.

Selain itu boat ini juga dilengkapi dengan persenjataan berupa satu pucuk senapan mesin berat (SMB) kaliber 12,7 mm, serta dua senjata kaliber 7,62 mm.

Untuk SMB 12,7 mm, nampak yang terpasang pada Patkamla Yapero III dioperasikan secara manual. Sementara pada versi untuk TNI AD (KMC Komando).

BACA JUGA:Begini Mitos Gunung Salak, Ada Makam Keramat Sosok Perwayangan Dan Nyi Roro Kidul, Wajar Terkenal Angker

SMB 12,7 mm sudah menggunakan remote control weapon system (RCWS). Namun, adopsi RCWS dapat diinstalasi lebih lanjut menyesuaikan pada kebutuhan dan anggaran.

Special Mission Combat Boat memiliki fungsi asasi untuk melaksanakan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan seperti operasi keamanan laut, peperangan.

Khusus anti teror aspek laut dan kegiatan infiltrasi melalui laut serta di design untuk mampu melaksanakan Search and Rescue (SAR).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: