Tips Ampuh Dalam Merawat Rantai Motor yang Sederhana!

Tips Ampuh Dalam Merawat Rantai Motor yang Sederhana!

--

PAGARALAMPOS.COM - Tak sedikit pengendara tak mampu merawat rantai dan akhirnya membuat rusak ger atau membeli rantai baru.

Perawatan rantai sepeda motor tidak hanya sebatas perawatan berkala saja, namun juga menjadi tugas pemilik kendaraan untuk menjaga pengoperasian dan memperpanjang umur rantai sepeda motor.

Pada artikel kali ini kami akan membagikan enam tips merawat rantai sepeda motor agar tidak mudah berkarat dan tetap awet.

Pengendara sepeda motor kerap menemui putusnya rantai di tengah jalan atau hambatan lainnya.

Nah, jika ingin rantai sepeda motor Anda  awet, berikut 6 tips merawatnya menurut Fenalampos.disway.id. Versi dikutip dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Keseruan Tak Terlupakan di Silowo Tuban, Berkano Dialiran Sungai Biru Diperkebunan Sagu

Rantai sepeda motor merupakan bagian penting dari pergerakan roda dan harus dijaga agar  tetap dapat beroperasi normal.

Melainkan, Anda pun sebagai pemilik kendaraan motor juga harus memahami cara perawatan motor dengan langkah tepat sebagai upaya dalam menjaga performanya.

Di antar beberapa komponen penting pada motor, tentu saja merawat rantai motor menjadi hal wajib yang harus mendapat perhatian bagi setiap pemiliknya.

Bukan tanpa alasan, khususnya pada motor bertransmisi manual, sistem penggerak ban adalah rantai itu sendiri.

Jadi, bilamana rantai mendapat masalah maka motor pun tak akan bisa digunakan untuk berkendara karena roda tak mampu bergerak mengingat rantainya mengalami kendala.

Apalagi, jika rantai sudah mulai menunjukkan gejala korosi (karatan) serta sudah mulai mengendor akibat intensitas daripada penggunaan sepeda motor.

BACA JUGA:Maldives Pesonanya Maladewa Indonesia, Pantai Eksotis di Lamongan

Rantai sepeda motor merupakan salah satu bagian penting pada sepeda motor, berperan penting dalam pergerakan roda.

Untuk memastikan rantai sepeda motor Anda tetap awet dan tahan lama,  perawatan yang baik dan rutin sangatlah penting.

Pada artikel kali ini kami akan membagikan enam tips penting agar rantai sepeda motor Anda tetap kuat dan tahan lama.

Apakah anda ingin mengetahui lebih lanjut? Sekarang mari kita simak informasi lengkapnya yang dirangkum pada artikel dibawah ini. Rantai sepeda motor merupakan bagian penting yang menunjang pergerakan roda.

Oleh karena itu, rantai sepeda motor perlu perawatan rutin agar performanya tetap optimal.

Dari sini jelas sudah bahwa menjaga performa dan kondisi rantai pada motor adalah salah satu hal yang sangat wajib untuk dilakukan.

Ini tips cara merawat rantai motor supaya tidak mudah berkarat dan tak kendor tentunya.

BACA JUGA:Tips Menanjak Bagi Pemula!

Tips Perawatan Rantai Sepeda Motor

Rutin Membersihkan Rantai dan Gear dengan Tepat

Tak bisa dipungkiri bahwa peran gear sangat berkaitan erat dengan rantai motor itu sendiri.

Karena, gear berfungsi untuk memutar roda motor yang tergerak melalui rantai sehingga motor pun bisa berjalan saat digas.

Karena memiliki peran dan fungsi yang sangat penting maka gear motor dan juga rantai di sini harus selalu dijaga kebersihannya.

BACA JUGA:Ternyata Begini Kisahnya, Hubungan Antara Ratu Majapahit Tribhuwana Tunggadewi Dengan Gajah Mada!

Mengingat, memiliki potensi debu yang akan memicu adanya kotoran yang menempel dan sulit dihilangkan.

Rajin Melumasi Gear dan Rantai Motor

Melumasi bagian gear dan juga rantai motor secara berkala/rutin.

Bukan tanpa alasan mengingat dengan selalu menjaga rantai motor terlumasi dengan pelumas tentu saja akan memberikan dampak positif terhadap daya tahan rantai.

Dimana, Manfaat dari pemberian pelumas pada rantai motor ini adalah untuk menjaga kondisi rantai dan gear tetap basah.

Sebab, bilamana kondisinya kering dan kotor, maka rantai bisa rusak, terkikis korosi, hingga putus. Hal tersebut tentu membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.

Pastikan Posisi Gear Sudah Presisi

Di samping itu, dalam proses perawatan rantai motor yang lain, Anda juga sangat perlu untuk memastikan bahwa pemasangan gear sudah presisi sesuai standar atau prosedur pabrikan.

BACA JUGA:Bisa Dilakukan Sendiri Lho, Begini Cara Merawat Rantai Motor Biar Awet

Terkait soal posisi pemasangan gear sendiri, perlu untuk Anda pahami bahwa pada setiap pabrikan motor memiliki semacam tanda pada ujung lengan penjepit roda yang biasanya berupa garis-garis.

Dimana, dalam kaitannya dengan soal rantai ini, tentu saja fungsinya sebagai langkah guna memastikan bahwa roda motor sudah terpasang dengan lurus.

Usahakan Gunakan SparePart Gear Original

Perlu untuk Anda kenali dan pahami bahwa sparepart pada bagian rantai motor juga sangat berpengaruh pada keawetan maupun kinerjanya.

Dimana, spare part original akan memberikan kualitas yang maksimal sekaligus proses kinerja yang bisa diandalkan. Seperti komponen pada rantai motor.

BACA JUGA:Recomended Banget, Ini Cara Ampuh Merawat Kampas Kopling Motor Agar Optimal dan Awet

Jika memang sudah waktunya diganti dengan yang baru, usahakan untuk selalu menggunakan produk original sesuai rekomendasi dari pabrikan.

Hindari Penggunaan Oli Bekas

Di samping itu, biasanya kebanyakan orang menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai pada motor.

Padahal, cara teknis seperti ini salah karena justru akan berakibat parah pada kondisi rantai motor ketika dilumasi dengan oli bekas.

Ganti Gear Jika Sudah Aus

Melakukan penggantian gear juga menjadi bagian dari cara tepat dalam menjaga atau merawat rantai pada sepeda motor.

Kenapa demikian? Karena, tentu saja gear sangat erat kaitannya dengan proses penggerakan roda, baik roda depan maupun roda belakang.

BACA JUGA:Jaga Silaturrahim dan Tingkatkan Sinergitas Dengan Masyarakat, Ini Yang Dilakukan Pemkot Pagaralam

Jika kondisi gear sudah mengalami aus, tentu saja Anda harus cepat-cepat menggantinya agar nantinya performa atau kinerja mesin tetap dalam kondisi prima yang siap digunakan kapan saja.

Jadi, satu hal yang perlu dipertegas kembali bahwa penggantian gear secara rutin jika sudah aus jadi salah satu langkah penting dalam penerapan rangkaian perawatan rantai motor.

Nah, dari berbagai langkah perawatan yang ada, Anda pastinya sudah bisa memahami betapa pentingnya untuk selalu menjaga dan mengecek kondisi rantai motor.

Bukan tanpa alasan karena dalam hal ini, rantai motor memiliki akses kinerja yang sangat penting dalam menjaga perputaran gear saat memutar roda sehingga fungsinya diharuskan selalu terjaga dengan melakukan perawatan rutin pada rantai motor. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: