Iran Betot Perhatian Dunia, Luncurkan Drone Karrar Dibekali Rudal Hanud Majid

Iran Betot Perhatian Dunia, Luncurkan Drone Karrar Dibekali Rudal Hanud Majid

PAGARALAMPOS.COM - Buntut dari perang di Gaza Palestina, Israel telah mengancam untuk menyerang Iran bila Hizbullah yang dibina dan dipersenjatai Iran, melibatkan diri dalam perang darat bersama Hamas.

Namun, bukannya ciut pada ancaman Negeri Zionis, justru belum lama ini Iran merilis peluncuran drone bertenaga jet Karrar.

Yang berhasil membetot perhatian dunia. Lantaran Karrar dipersenjatai rudal udara ke udara berpemandu infrared AD-08 Majid.

Dengan bekal rudal udara ke udara, maka Karrar dapat meladeni peperangan untuk menetralisir jet tempur dan helikopter lawan.

BACA JUGA:Jet Tempur FA-50 Pabrikan Korea Moncer di Pasar Ekspor

Meski tampilan Karrar menyiratkan drone lawas, namun, ini bukan pertama kali Karrar dipersenjatai rudal udara ke udara.

Sebelum menggotong rudal Majid, Iran telah sukses meluncurkan rudal yang identik dengan AIM-9 Sidewinde dari Karrar.

Dari video yang diposting akun X Reza_Mad @maysam21901, nampak rudal yang diklaim sebagai Azarakhsh telah diluncurkan dari drone Karrar.

Dan menjadi Iran sebagai negara ketiga di dunia yang sukses menjajal praktek peluncuran rudal udara ke udara dari drone.

BACA JUGA:Thailand Resmi Tunda Pembelian Kapal Selam S26T dari Cina

Yang mana sebelumnya metode tersebut telah dilakukan AS lewat drone MQ-9 Reapers dengan AIM-9X Sidewinder dan Rusia lewat drone Sukhoi S-70 Okhotnik.


Foto : Drone hanud pembawa rudal.-Iran Betot Perhatian Dunia, Luncurkan Drone Karrar Dibekali Rudal Hanud Majid-Indomiliter.com

Dan yang terbaru, yakni pada 22 Oktober 2023, Tasnim News melaporkan bahwa spesialis militer Iran telah berhasil memodifikasi rudal pertahanan udara (hanud) Majid yang diproduksi di dalam negeri agar kompatibel dengan drone Karrar.

Brigadir Jenderal Alireza Sabahifard, Komandan Angkatan Pertahanan Udara Iran, mengumumkan pada hari Minggu bahwa drone Karrar kini dilengkapi dengan rudal udara ke udara pemburu panas yang memiliki jangkauan hingga 8.000 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: