Dislitbang TNI AD Serahkan Sertifikasi Prototipe Ransus Pembawa Amunisi Roket ASTROS II

Dislitbang TNI AD Serahkan Sertifikasi Prototipe Ransus Pembawa Amunisi Roket ASTROS II

Baik uji laboratorium maupun uji lapang, sehingga diperoleh data dari kemampuan sampel yang akan diuji.

BACA JUGA:AKBP Erwin Irawan Sambang Parpol, Tingkatkan Sinergi Wujudkan Pemilu 2024 Aman dan Damai

serta menggunakan teknik pengukuran, pencatatan dan penghitungan sehingga diperoleh data yang ditimbulkan dari perlakuan sampel yang diuji coba.

Prototipe ransus ini juga telah diikutkan pada defile alutsista HUT TNI ke-78 di Lapangan Monas. Ransus ini dilengkapi powerpack, dan mampu merapat ke pasukan manuver di depan saat operasi maupun latihan.

Ransus ini ditenagai mesin diese berkapasitas 7800 cc. Sementara panjang kendaraan 11,5 meter, lebar 2,6 meter dan tinggi 3,8 meter.

Ransus pembawa amunisi ini mampu memuat delapan kontainer roket dan tentunya dilengkapi fasilitas crane.

BACA JUGA:Sejarah Pagar Alam Kota Perjuangan, Banyak Tak Tau Kalau Kaya Budaya, Wisata dan Megalit Tertua di Nusantara

Ransus ini dapat disiapkan dalam waktu 10 menit, serta dilengkapi dengan outrigger yang dapat menyesuaikan pada saat medan off road.

Avibras AV-RMD 6×6 sebagai pembawa logsitik amunisi di setting untuk tiap unitnya dapat memasok untuk kebutuhan dua kali reload.

Roket-roket yang ada dimuat dalam kontainer yang ‘tinggal’ dimuat ke dalam kotak peluncur di atas sasis ASTROS II lewat dukungan integrated crane.

Sistem pengisian ulang (reloading) munisi Astros ini sangatlah mudah, untuk satu set munisi yang dibawa oleh satu kendaraan AV-RMD dapat di reload ke ransus AV-LMU (Universal Multiple Launcher) hanya dalam hitungan waktu 8 hingga 12 menit. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: