Bebas Dari Karat, 6 Strategi Ampuh Agar Rantai Sepeda Motor Tetap Prima

Bebas Dari Karat, 6 Strategi Ampuh Agar Rantai Sepeda Motor Tetap Prima

Bebas Dari Karat, 6 Strategi Ampuh Agar Rantai Sepeda Motor Tetap Prima--

PAGARALAMPOS.COM - Perawatan rantai sepeda motor adalah langkah yang tak boleh diabaikan oleh setiap pemilik kendaraan. Rantai sepeda motor adalah komponen kunci yang menghubungkan tenaga dari mesin ke roda, memastikan kendaraan bergerak dengan lancar.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan enam tips penting untuk merawat rantai sepeda motor agar tetap awet, bebas karat, dan beroperasi dengan optimal.

1. Rutin Membersihkan Rantai dan Perlengkapan dengan Tepat

Gear dan rantai motor adalah dua komponen yang saling terkait erat. Gear berfungsi untuk menggerakkan roda melalui rantai, sehingga menjaga kebersihan keduanya sangat penting.

Debu dan kotoran bisa menempel di rantai dan gear, mengganggu kinerja dan mempercepat ausnya rantai. Selalu pastikan untuk membersihkannya secara rutin dengan sikat dan pelumas khusus rantai.

BACA JUGA:Paling Awet di Jalanan, Inilah 3 ban Motor Paling Rekomended Buat Kamu

2. Rajin Melumasi Gear dan Rantai Motor

Melumasi gear dan rantai motor secara berkala sangat penting untuk menjaga daya tahan rantai. Pelumas membantu menjaga kondisi rantai dan gear tetap basah, mencegah korosi, aus, dan putusnya rantai.

Anda Pastikan menggunakan pelumas yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.

3. Pastikan Posisi Gear Sudah Presisi

Pemasangan gear harus dilakukan dengan presisi sesuai dengan standar atau prosedur pabrikan. Pabrikan motor biasanya memiliki tanda pada ujung lengan penjepit roda yang berupa garis-garis.

Ini memastikan bahwa roda motor terpasang dengan lurus, yang sangat penting untuk menjaga rantai agar tidak terkendor atau terpelintir.

BACA JUGA:Ternyata Ini Dia Teknik Mengemudi Mobil Manual yang Efektif di Tanjakan, Simak Selengkapnya Disini!

4. Gunakan SparePart Gear Asli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: