Gempur Hamas, Israel Mendapat Restu’ Jerman Kerahkan Drone Heron TP Yang Dipersenjatai

Gempur Hamas, Israel Mendapat Restu’ Jerman Kerahkan Drone Heron TP Yang Dipersenjatai

Foto : Drone mata mata Jerman.-Gempur Hamas, Israel Mendapat Restu’ Jerman Kerahkan Drone Heron TP Yang Dipersenjatai-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Drone Heron identik sebagai produk dari Israel Aerospace Industries (IAI) yang laris di pasar ekspor. Setidaknya ada 15 negara yang mengoperasikan beragam varian Heron, termasuk Singapura.

Namun, uniknya justru Angkatan Bersenjata Israel (IDF) hanya mengoperasikan satu unit Heron. Dengan latar situasi mendesak untuk merespon serangan Hamas pada 7 Oktober lalu.

Maka ada kebutuhan bagi Israel akan drone Heron yang ‘siap pakai’, yang notabene ‘stok’ Heron tersebut berada di luar negeri.

Dikutip dari reuters.com, disebut bahwa Angkatan Udara Israel tengah mencari ‘persetujuan dari Jerman’ untuk melawan milisi Hamas dengan drone Heron.

BACA JUGA:Pangdam XVII/Cenderawasih Dampingi Wapres RI Kunjungan Kerja di Papua

IDF dikabarkan akan mengerahkan drone Heron TP yang sebelumnya disewakan ke Jerman, hal tersebut setelah didapatkan persetujuan dari Kanselir Jerman Olaf Scholz, yang mendukung pemerintah Israel dalam perang melawan Hamas.


Foto : Drone mata mata Jerman.-Gempur Hamas, Israel Mendapat Restu’ Jerman Kerahkan Drone Heron TP Yang Dipersenjatai-Indomiliter.com

Sumber pertahanan mengatakan kepada media Jerman der Spiegel, bahwa Berlin telah memberi lampu hijau kepada Israel untuk menggunakan dua drone tempur Heron TP dalam serangannya terhadap kelompok Palestina Hamas.

Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius, menyetujui permintaan Israel untuk menggunakan drone tersebut pada 11 Oktober 2023. Ia juga mencatat bahwa 16 pilot peserta pelatihan Jerman akan pulang karena serangan Hamas.

Jerman telah menyewa lima unit drone Heron TP yang disetujui oleh kontraktor pertahanan Israel IAI. Setidaknya dua unit Heron yang disewa Jerman masih berada di Israel untuk pelatihan pilot drone.

BACA JUGA:Didukung Rusia, Iran Kembangkan Khayyam, Satelit Mata-Mata Yang Diluncurkan Roket Soyuz

Pabrikan IAI menggambarkan Heron TP sebagai “multi-role, advanced, long-range Medium Altitude Long Endurance (MALE) Unmanned Aerial System (UAS) for strategic missions.”

Drone ini dilengkapi autonomous taxi-takeoff and landing systems (ATOL) dan SATCOM (komunikasi satelit) untuk komunikasi jarak jauh, dan avionik yang sepenuhnya redundant.

Heron TP diciptakan sebagai drone multirole yang mampu melaksanakan berbagai misi strategis, termasuk perolehan target, pengintaian, pengumpulan intelijen, dan pengawasan, dengan menggunakan berbagai muatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: