Begini Kekuatan Kapal Selam Scorpene Evolved Ditempeli Rudal Jelajah dan Torpedo F21, Santer TNI AL Ditawari

Begini Kekuatan Kapal Selam Scorpene Evolved Ditempeli Rudal Jelajah dan Torpedo F21, Santer TNI AL Ditawari

PAGARALAMPOS.COM - Masih terkait dengan penawaran Scorpene Evolved untuk TNI AL, Naval Group juga memberikan solusi sistem senjata mutakhir untuk kapal selam dengan teknologi full Lithium-Ion Batteries (LIB).

Diantaranya adalah kapal selam untuk Indonesia ini akan dapat dipersenjatai dengan heavy torpedo Leonardo Black Shark dan F21 yang lebih modern.

Tidak itu saja, Scorpene Evolved akan terintegrasi penuh dengan rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam, MBDA Exocet SM39.

Jika akuisisi Scorpene Evolved kelak direalisasikan, dan TNI AL memilih membeli torpedo F21 dan rudal Exocet SM39, maka tidak diperlukan penyesuaian atau upgrade tambahan, termasuk dari segi software pada combat management system.

BACA JUGA:Washington Bekingi Israel, Pasok Rudal Iron Dome Untuk Pertahanan Udara

Torpedo F21 yang juga produksi Naval Group. ditenagai silver oxide-aluminium (AgO-Al) seawater primary battery. Sistem propulsi listrik juga mengintegrasikan dua baling-baling yang berputar berlawanan.

Tumpukan elektrokimia primer yang diaktifkan air laut AgO-Al membantu mencapai kecepatan maksimum dalam rentang yang lebih luas.

Sistem propulsi memungkinkan torpedo F21 bergerak dengan kecepatan antara 25 knots dan 50 knots. Torpedo F21 memiliki endurance maksimum satu jam dan jangkauan lebih dari 50 km.

Untuk misi “Hunter Killer”, torpedo ini memiliki kemampuan untuk menyerang target pada kedalaman lebih dari 500 meter.

BACA JUGA:Didukung Rusia, Iran Kembangkan Khayyam, Satelit Mata-Mata Yang Diluncurkan Roket Soyuz

Sebagai catatan, sejak menjadi operator kapal selam pada tahun 1959, TNI AL sangat terbatas dalam mengoperasikan kapal selam berkemampuan rudal sehingga membatasi kemampuan serangannya.


Foto : Kapal selam dengan rudal.-Begini Kekuatan Kapal Selam Scorpene Evolved Ditempeli Rudal Jelajah SM39 Exocet dan Torpedo F21, Santer TNI AL Ditawari-Indomiliter.com

TNI AL (d/h ALRI) memang pernah meluncurkan rudal jelajah dari kapal selam KRI (RI) Alugoro 406 – Whiskey class buatan Soviet.

Namun, rudal jelajah yang disebut SS-N-3c Shaddock, diluncurkan dalam posisi kapal selam berlayar di permukaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: