Terkenal dengan Literatur Kuno dan Peradaban Cina, Inilah Sejarah dan Fakta Menarik Suku di Provinsi Jambi

Terkenal dengan Literatur Kuno dan Peradaban Cina, Inilah Sejarah dan Fakta Menarik Suku di Provinsi Jambi

Terkenal dengan Literatur Kuno dan Peradaban Cina, Inilah Sejarah dan Fakta Menarik Suku di Provinsi Jambi -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Suku Jambi atau Melayu Jambi merupakan Suku asli yang berasal dari provinsi Jambi. Suku ini tinggal di kota Jambi, kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung, Batanghari, Bungo-Tebo dan sebagian  Sarko.

Desa-desa tempat mereka tinggal  berjauhan dengan rumah-rumah yang dibangun di tepian sungai besar maupun kecil.

Nah penasaran ingin mengetahui sejarah suku Jambi? Di bawah ini kami sajikan ulasan  sejarah suku Jambi yang  kami rangkum dari berbagai sumber, baca sampai habis!

Sejarah Jambi

Dilihat dari sejarahnya, Jambi merupakan daerah yang terkenal dalam sastra kuno. Bahkan, nama Jambi  sering disebutkan dalam prasasti dan berita Tiongkok.

BACA JUGA:Menakjubkan! Tak Hanya Papua, Ternyata 5 Daerah ini Juga Penghasil Emas Terbesar di Indonesia Loh

Hal ini menjadi bukti bahwa orang Tionghoa mempunyai hubungan yang lama  dengan masyarakat Jambi, khususnya dengan suku asli Jambi  yang mereka sebut  Chan-pei.

Diperkirakan terdapat tiga kerajaan Melayu kuno di Jambi, yaitu Koying (abad ke-3 M), Tupo (abad ke-3 M), dan Kantoli (asli abad ke-5 M).

Seiring berjalannya waktu, kerajaan-kerajaan tersebut lambat laun terlupakan dan  reruntuhan atau reruntuhannya tetap menjadi bahan penyelidikan dan kajian lebih lanjut.

Dalam sejarah kerajaan-kerajaan nusantara, Jambi pernah menjadi bagian dari wilayah Minanga Kamwa, tempat tinggal para pendiri kerajaan Melayu dan Sriwijaya.

BACA JUGA:Bener Gak Sih, Suku ini Punya Tradisi Pernikahan Sedarah Ibu dengan Anaknya Sendiri? Simak Faktanya Disini !

Dari wilayah inilah banyak lahir raja-raja di Nusantara, baik sekarang yang berada di Malaysia, Brunei Darussalam dan Indonesia. Jambi sendiri pernah dikuasi beberapa kekuatan besar, seperti Sriwijaya, dan Kesultanan Johor.

Asal Usul Suku Jambi

Bangsa Melayu Jambi adalah percampuran antara banyak sub-ras manusia dan perpaduan antara banyak macam pengaruh kebudayaan sejak 10.000 tahun SM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: