Strategi Dinasti Ming, Menaklukkan Majapahit di Laut Cina Selatan

Strategi Dinasti Ming, Menaklukkan Majapahit di Laut Cina Selatan

Foto : Kapal dagang di jalur laut cinas selatan-Strategi Dinasti Ming, Menaklukkan Majapahit di Laut Cina Selatan-National geographic

PAGARALAMPOS.COM - Pernahkah Anda membayangkan bagaimana kerajaan besar Tiongkok, Dinasti Ming, menggunakan strategi politik untuk mempengaruhi kawasan Asia Tenggara?

The Times of India's ``History of the Indian Ocean , artikel menarik berjudul ``Tunjukkan Bagaimana Zaman- konflik lama terjadi'' menjelaskan bagaimana Dinasti Ming membantu Malaka masuk Islam.

Dan mendapatkan kekuasaan untuk menaklukkan Majapahit di Laut Cina Selatan. Ini mengungkapkan fakta mengejutkan tentang dukungan yang diberikannya.

Pada dasarnya, artikel ini tidak hanya memberikan wawasan mengenai strategi politik Dinasti Ming, namun juga sesekali menyoroti kompleksitas hubungan geopolitik di Laut Cina Selatan.

BACA JUGA:Dinasti Qing: Bagaimana Suku Manchu Menumbangkan Dinasti Ming dan Menguasai Tiongkok

Oleh karena itu, pembahasan dimulai pada abad ke-6 M, ketika Bizantium dan Persia bersaing memperebutkan kekuasaan di wilayah tersebut.

Bizantium vs Persia

Pada abad ke-6 M, Timur Tengah diperintah oleh dua kekuatan: Liga Kristen yang dipimpin oleh Kekaisaran Bizantium dan Kekaisaran Sasan di Iran.

Sekutu regional utama Byzantium adalah Etiopia, yang baru-baru ini berpindah agama ke Ortodoksi.

Salah satu faktor pendorong persaingan adalah perebutan kendali pesisir Yaman-Oman, yang penting bagi perdagangan dengan India.

Seorang kontemporer Bizantium mengatakan: “Pedagang Persia selalu menetap di pelabuhan tempat orang India pertama kali mendarat, sehingga tidak mungkin orang Etiopia membeli kain dari India.”

BACA JUGA:Dibalik Harem Dinasti Ming Tiongkok, Neraka Bagi Para Selir

Namun, setiap kali tentara Ethiopia mundur, faksi Yahudi dan pro-Persia memberontak.

Akhirnya, Ella Asbeha meninggalkan garnisun besar Etiopia, tetapi tentara "nakal" mengangkat calon takhta mereka sendiri sebagai gantinya. Yaman kemudian dilanda perang saudara yang kompleks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: