Makam Gunung Salak, No 1 Wali Allah!

Makam Gunung Salak, No 1 Wali Allah!

Makam Gunung Salak, No 1 Wali Allah!-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Di kawasan puncak Gunung Salak, Bogor terdapat makam yang seringkali ramai diziarahi traveler. Kebanyakan datang dari luar kota.

Mendaki gunung hingga sampai puncak tertingginya untuk tujuan hobi dan kesenangan bisa jadi sudah biasa. Namun jika mendaki gunung-gunung tinggi untuk berziarah ke makam keramat, bisa jadi jarang dilakukan.

Salah satu makam keramat di atas puncak gunung yang banyak disambangi peziarah adalah makam KH Raden Raja Kusuma.

Persisnya, kuburan tersebut berada di Puncak Manik, salah satu puncak tertinggi yang ada di Gunung Salak, di ketinggian 2.211 mdpl.

BACA JUGA:Mengulik Misteri Gunung Penanggungan yang Menyimpan Mitos Suara Misterius di Puncak Gunung

Gunung Salak, kompleks gunung berapi yang terletak di selatan Jakarta, kembali menjadi sorotan setelah serangkaian kecelakaan penerbangan yang terjadi di daerah tersebut.

Meskipun terkenal dengan keindahan alamnya dan makam-makam bersejarah yang ada di lerengnya, Gunung Salak juga menjadi tantangan tersendiri bagi para penerbang dan pendaki.

Dengan geoposisi puncak tertingginya berada di 6°43' LS dan 106°44' BT, Gunung Salak memiliki beberapa puncak yang memperkaya pesonanya.

Puncak tertinggi, Puncak Salak I, mencapai ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut.

Nama "Salak" sendiri, meskipun sering dikaitkan dengan tanaman salak, sebenarnya berasal dari kata bahasa Sanskerta, salaka, yang berarti "perak".

BACA JUGA:Mengulik Misteri Gunung Penanggungan yang Menyimpan Mitos Suara Misterius di Puncak Gunung

Secara vulkanologi, Gunung Salak adalah gunung api strato tipe A dengan sejumlah kawah aktif. Kawah terbesarnya, Kawah Ratu, merupakan yang termuda.

Letusan-letusan dahsyat tercatat terjadi sejak abad ke-17 hingga erupsi freatik pada tahun 1938.

Keadaan morfologi gunung ini, dengan jurang-jurang curam dan hutan lebat yang menutupi seluruh tubuhnya, seringkali menantang pendaki dan penerbang yang melewati kawasan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: