Jantungnya Wilayah Sumsel, Pagar Alam Jangan Terjadi Karhutla, Ini Yang Dilakukan Satbinmas

Jantungnya Wilayah Sumsel, Pagar Alam Jangan Terjadi Karhutla, Ini Yang Dilakukan Satbinmas

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Memasuki musim kemarau dampak bencana mulai terjadi. Tidak hanya kekeringan bahkan kebakran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi.

Khususnya di Sumsel. Lahan hutan dan gambut terjadi di sejumlah kabupaten di Sumsel. 

Mengantisipasi terjadinya Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di wilayah Kota Pagaralam khususnya di lokasi objek wisata Gunung Dempo, jajaran Sat Binmas Polres Pagaralam terjun ke lapangan.

Personel melakukan sosialisasi dan pemasangan spanduk, stiker dan juga himbauan bahaya Karhutla. Pada Senin (2/10/2023).

BACA JUGA:AKBP Erwin Irawan SIIK : Jaga Keutuhan Nilai Nilai Pacasila Sebagai Landasan Ideologi Negara

Pantauan pagaralampos.com, stiker itu terkait himbauan Karhutla di lokasi yang dianggap rawan terjadinya kebakaran lahan.


Foto : Satbinmas Polres Pagar Alam sosialisasi Karhutla.-Jantungnya Wilayah Sumsel, Pagar Alam Jangan Terjadi Karhutla, Ini Yang Dilakukan Satbinmas-Humas Polres Pagar Alam

Kapolres Pagaralam AKBP Erwin Irawan SIk melalui Kasat Binmas Iptu Ramdani SH mengatakan, pemasangan spandul dan stiker dilakukan dibeberapa ruas titik rawan Karhutla.

Ada juga lokasi yang memiliki kultur lahan perbukitan yang muda terbakar, di antaranya di Objek wisata Gunung Dempo Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan.

Iptu Ramdani SH menjelaskan, tujuan himbauan Karhutla sebagai upaya pencegahan dini, dalam menghimbau dan mengedukasi masyarakat.

BACA JUGA:Jumat Berbagi Dimoment Maulid Nabi Muhammad, Polres Pagar Alam Berikan Perlengkapan Ibadah di Tiga Masjid

Pesannya tak lain tentang bahaya Karhutla dengan melibatkan semua pihak baik pemerintah setempat dan masyarakat umumnya.

" Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan manusia yang tinggal di sekitar lokasi dan mencegah kerugian yang ditimbulkan, apalagi wilayah Kota Pagaralam saat ini memasuki musim kemarau, " katanya.

Pihaknya juga melakukan upaya sosialisasi dan edukasi tentang bahaya Karhutla kepada tingkat level paling bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: