Cina Uji Coba Rotating Detonation Engine Pada Model Sukhoi Su-34, Bentuk Dukungan Beijing Pada Moskow

Cina Uji Coba Rotating Detonation Engine Pada Model Sukhoi Su-34, Bentuk Dukungan Beijing Pada Moskow

PAGARAPAMPOS.COM - Sementara Rusia tengah sibuk berperang dengan Ukraina, ada kabar bahwa Cina tengah mengembangkan teknologi mesin jet baru dengan model skala pembom tempur andalan Rusia, Sukhoi Su-34 Fullback.

Persisnya, para peneliti dari Chongqing University’s Industrial Technology Research Institute tengah mengembangkan mesin detonasi putar atau rotating detonation engine (RDE). Apakah itu?

Akun Twitter @RupprechtDeino, yang mengikuti perkembangan industri militer Cina, mengatakan bahwa Chongqing University’s Industrial Technology Research Institute telah menguji prototipe mesin ini. Sumber tersebut mengutip laporan dari jaringan berita lokal.

Pesawat uji yang merupakan model skala Su-34, telah terbang dengan mesin prototipe terpasang. Namun, sumber tersebut tidak menyebutkan apakah uji mesin tersebut berhasil dan memenuhi persyaratan minimum.

BACA JUGA:Soliditas TNI Polri Kapolri Hadiri Rangkaian HUT TNI ke-78

Menurut informasi yang belum dikonfirmasi, mesin RDE juga telah diuji pada platform jet tempur Rusia lainnya, namun sebagian besar berada di terowongan angin (wind tunnel).


Foto : Uji coba RDE.-Cina Uji Coba Rotating Detonation Engine Pada Model Sukhoi Su-34, Bentuk Dukungan Beijing Pada Moskow-Indomiliter.com

Tes terbaru yang dilakukan oleh Chongqing University’s Industrial Technology Research Institute kemungkinan besar merupakan tes pertama yang dilakukan di landasan pacu dan di udara.

Mesin RDE yang dirancang untuk jet tempur bekerja berdasarkan prinsip gelombang detonasi. Gelombang detonasi adalah gelombang kejut supersonik yang dihasilkan dari pembakaran campuran bahan bakar-udara secara cepat.

Pada mesin jet konvensional, pembakaran terjadi pada kecepatan subsonik, namun pada mesin detonasi putar, pembakaran terjadi pada kecepatan supersonik.

BACA JUGA:Simple dan Mumer, Tablet Xioami Tawarkan Varian Spesifikasi Tinggi

Sehingga menghasilkan tenaga penggerak yang lebih efisien dan bertenaga. Mesinnya terdiri dari rotor dengan serangkaian ruang bakar. Setiap ruang bakar berisi campuran bahan bakar dan udara yang dinyalakan oleh busi.

Saat rotor berputar, gelombang detonasi merambat melalui ruang bakar, menyebabkan pembakaran yang cepat dan efisien. Gas bertekanan tinggi yang dihasilkan kemudian dikeluarkan melalui nosel, memberikan daya dorong bagi jet tempur.

Keuntungan utama dari mesin RDE adalah kemampuannya mencapai efisiensi pembakaran yang lebih tinggi dibandingkan mesin jet konvensional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: