Rusia Pasang Roket Anti Kapal Selam RBU-6000 Di Ranpur MT-LB

Rusia Pasang Roket Anti Kapal Selam RBU-6000 Di Ranpur MT-LB

PAGARALAMPOS.COM - Perang yang berkepanjangan telah memaksa Rusia untuk melakukan modifikasi yang tak terbayangkan pada arsenal ranpur berusia tua. Seperti yang terbaru modifikasi dilakukan pada ranpur APC roda rantai MT-LB dari era soviet.

Setelah sebelumnya ‘dikawinkan’ dengan jenis senjata MLRS A-22 Ogon dan kanon lawas 2M3 25 mm twin, kini lebih nyeleneh lagi, MT-LB terlihat dipasangkan roket anti kapal selam RBU-6000.

Baca juga: Setelah Kanon Lawas 2M3 25mm Twin, Ranpur MT-LB Rusia Kini Dipasangi Naval MLRS A-22 Ogon

Postingan yang berbedar di media sosial telah memperlihatkan ranpur MT-LB dalam kondisi digendong truk trailer, yang mana pada bagian atas MT-LB terlihat dipasangkan peluncur roket anti kapal selam RBU-6000.

BACA JUGA:Soliditas TNI Polri Kapolri Hadiri Rangkaian HUT TNI ke-78

Yang notabene biasa terpasang pada kapal kombatan rancangan Soviet/Rusia, termasuk RBU-6000 menjadi senjata andalan pada korvet Parchim class TNI AL.


Foto : Pelumcuran roket.-Rusia Pasang Roket Anti Kapal Selam RBU-6000 Di Ranpur MT-LB-Indomiliter.com

Bagaimana kinerja RBU-6000 dalam penggunaan di darat masih mengundang spekulasi, pasalnya penggunaan RBU-6000 di kapal perang umumnya diarahkan dengan Burya fire control system.

Kuat dugaan bahwa bila digunakan di darat, RBU-6000 akan diarahkan atau dikendalikan secara manual.

Di darat, RBU-6000 pada dasarnya berfungsi sebagai mortir berukuran sangat besar yang mampu menembakkan salvo. Hal ini bukannya tidak berguna.

BACA JUGA:Simple dan Mumer, Tablet Xioami Tawarkan Varian Spesifikasi Tinggi

Tentara Inggris dan Australia menggunakan roket hedgehog dalam peran darat selama Perang Dunia Kedua. Doktrin Rusia saat ini mengizinkan penggunaan RBU-6000 yang dipasang di kapal dalam peran pengeboman ke sasaran di pantai.

RBU (Reaktivno-Bombovaja Ustanovka )-6000 bukan hanya dipasang pada platform kapal perang permukaan. Di negara asalnya, RBU-6000 ternyata pernah juga pernah digunakan sebagai sistem senjata pertahanan pantai atau pangkalan.

Dari aspek fire power, daya hancur RBU-6000 cukup besar, lantaran jenis peluncur ini memiliki 12 laras roket yang dapat melakukan tembakan secara single maupun salvo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: