Temukan Labirin Misterius di Gereja, Diperkirakan Sudah Ada Sejak Abad ke-15

Temukan Labirin Misterius di Gereja, Diperkirakan Sudah Ada Sejak Abad ke-15

Temukan Labirin Misterius di Gereja, Diperkirakan Sudah Ada Sejak Abad ke-15-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Para arkeolog yang bekerja di situs Mitla, yang terletak di Meksiko selatan, telah membuat penemuan sejarah yang luar biasa.

Mereka menemukan labirin rahasia di bawah  gereja Katolik. labirin yang tersembunyi di bawah gereja ini seperti “pintu masuk” ke dunia lain.

Menurut penelitian, labirin tersebut merupakan bagian dari bangunan kuno yang didirikan oleh masyarakat Zapotec lebih dari 1.000 tahun yang lalu.

Bangunan kuno tersebut digunakan sebagai kuil dan disebut Lyobaa atau “tempat peristirahatan”. Selain labirin, para arkeolog juga menemukan makam yang terletak di jaringan bawah tanah.

BACA JUGA:Beh Keren Banget! Ini Warisan Ratu Tribhuwana Tunggadewi, Inspirasikan Generasi Penerus Indonesia

Makam ini ditemukan pada kedalaman 5 hingga 8 meter di bawah  tanah.

Untuk menjelajahi struktur bawah tanah dan mengungkap rahasia yang tersembunyi di sana, para arkeolog menggunakan tiga metode pemindaian.

Ketiga metode pemindaian tersebut adalah radar penembus tanah untuk mengukur pantulan gelombang elektromagnetik dan tomografi resistivitas  untuk mengukur arus listrik.

Selain itu, para arkeolog juga menggunakan  pemindaian tomografi kebisingan seismik untuk mengukur gelombang seismik.  Dengan menggabungkan data dari teknik tersebut, tim arkeolog mampu membuat peta komprehensif yang menggambarkan kondisi  bawah tanah.

BACA JUGA:Dijamin Awet dan Murah, Inilah 4 Rekomendasi Ban Motor!

Saat ini, ada gereja berdiri di situs tersebut yang dibangun para misionaris yang datang di area tersebut.

Penemuan labirin rahasia di bawah gereja di Meksiko.

Setelah diteliti ternyata altar di gereja itu menyembunyikan pintu masuk ke labirin bawah tanah yang sekarang telah dipetakan.

Pintu masuk ke Lyobaa tersebut telah didokumentasikan para misionaris sebelum mereka menutupnya dengan membuatkan altar pada pintu masuknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: