Menarik! inilah 2 Cerita Rakyat Kerajaan Sriwijaya yang Penuh Misteri

Menarik! inilah 2 Cerita Rakyat Kerajaan Sriwijaya yang Penuh Misteri

Menarik! inilah 2 Cerita Rakyat Kerajaan Sriwijaya yang Penuh Misteri -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Macam-macam cerita rakyat lebih kurang ada sepuluh. Ada fabel, legenda, mite, sage, epos, cerita jenaka, paralel, parabel, hikayat, dan cerita terbingkai. 

Di Indonesia, macam-macam cerita rakyatnya murni berasal dari daerah yang berbeda-beda dan selalu diceritakan secara turun-temurun.

Cerita rakyat  Kerajaan Sriwijaya merupakan bagian penting dari warisan budaya Indonesia. Salah satu Cerita rakyat yang terkenal adalah legenda Putri Selendang Mayang.

Dahulu kala, di kerajaan Sriwijaya, hiduplah seorang putri yang sangat cantik bernama Selendang Mayang. Ia terkenal dengan selendang yang selalu ia kenakan yang memiliki kekuatan magis.

Dalam legenda tersebut, Putri Selendang Mayang merupakan putri  Raja Sriwijaya yang sangat cantik. Dia sering memakai selendang cantik yang selalu bersinar.

BACA JUGA:Waduh! Malam Pertamanya Kok Gini Sih? Yuk Simak Tradisi Pernikahan Suku di Indonesia yang Unik dan Aneh

Suatu hari, seorang pemuda bernama Bujang Tanjung jatuh cinta pada Putri Selendang Mayang dan berusaha mendekatinya.

Untuk mencapai sang putri, Bujang Tanjung meminta bantuan seorang dukun. Dukun memberinya selendang khusus yang bisa membuat pemakainya tidak terlihat.

Dengan membawa selendang itu, Bujang Tanjung menghampiri Putri dan melamarnya. Namun Putri Selendang Mayang menolak.

Bujang Tanjung sangat sedih dan memutuskan untuk pergi ke hutan untuk menyendiri. Di sana, ia bertemu dengan seekor burung hantu yang mengungkapkan bahwa Putri Selendang Mayang sebenarnya sudah ditakdirkan untuk seorang raja dari luar negeri. 

BACA JUGA:Bikin Heboh! Ternyata Suku Pedalaman ini Punya Tradisi Pernikahan Sedarah, Ini Dia Alasan dan Faktanya

Burung hantu tersebut memberikan nasihat kepada Bujang Tanjung untuk melepaskan cintanya dan menjalani takdirnya sendiri.

Bujang Tanjung akhirnya menerima nasihat tersebut dan melepaskan cintanya pada Putri Selendang Mayang.

Dia kembali ke desanya dan akhirnya menjadi seorang raja yang bijaksana. Putri Selendang Mayang akhirnya menikahi raja dari luar negeri seperti yang sudah ditakdirkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: