Penutupan Diklat Kader Bela Negara bagi Pekerja PT.Freeport

Penutupan Diklat Kader Bela Negara bagi Pekerja PT.Freeport

Penutupan Diklat Kader Bela Negara bagi Pekerja PT.Freeport--Net

BOGOR, PAGARALAMPOS.COM - Sebanyak 33 orang peserta Pendidikan dan Latihan Kader Bela Negara asal Papua telah mengikuti Diklat Bela Negara yang diadakan di Kinasih Resort Caringin Kabupaten Bogor.

Program Papuan Sustainable Human Capital Development selama 3 minggu terhitung dari tanggal 22 Agustus s.d 10 September 2023.

Acara dibuka oleh Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan, Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia,S.E bersama unsur dari perwakilan RIS Consulting PT.Freeport, pejabat wilayah setempat (Camat, Koramil, Kapolsek), dan para pelatih.

Selama pembekalan para calon pekerja PT.Freeport asal Papua ini diberi materi tentang Nilai-nilai Dasar Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Kepemimpinan Bela Negara, Lingkungan Strategis dan Keterampilan Bela Negara.

Semua materi tersebut memiliki bobot yang cukup penting dalam meningkatkan sikap, mental dan kejuangan yang relevan dengan dunia kerja di PT.Freeport.

BACA JUGA:Mahasiswa Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Terima Pelatihan Bela Negara

Pembinaan Bela Negara merupakan hal penting dalam kondisi seperti saat ini, dimana semangat nasionalis, patriotik dan militansi terhadap bangsa dan negara terasa mulai memudar.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta transportasi menciptakan ketersalinghubungan yang tinggi dan massif yang berdampak pada menipisnya sekat-sekat nasional dan pada gilirannya mampu menggerus nllai-nilai dan semangat kebangsaan.

Pola hidup hedonis, serba instan dan kurang menghargai proses dalam sebuah pencapaian, tidak menghargai waktu, serta lemahnya etos kerja menjadi kecenderungan yang dialami oleh generasi muda kita.

Hal tersebut tentu tidak boleh terjadi, generasi muda sebagai generasi bangsa khususnya para anak-anak muda Papua sebagai bagian dari generasi bangsa Indonesia perlu memiliki semangat tinggi untuk meningkatkan taraf hidup mereka, dapat menjadi katalisator perubahan dan senantiasa menjadi bagian dari perekat kebangsaan.

BACA JUGA:Cara Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan Asah Ketrampilan Dasar Bela Negara Calon Pekerja dan Pekerja BRI

Pembinaan yang dilakukan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali tidak lepas dari pembinaan dari para pelatih.

Targetnya adalah agat terjadi perubahan pola pikir,sikap, disiplin tinggi, kesetiaan, egaliter dan punya cara pandang kenusantaraan menjadi menu setiap hari yang diberikan oleh pelatih Pusdiklat Bela Negara untuk mengubah tata laku yang semula apatis menjadi lebih dinamis

berkarakter nasionalis tanpa kehilangan pijakan nilai lokal, dan yang terpenting adalah pemahaman paradigma bernegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: