Mengungkap Rahasia Candi Cetho, Kisah Kutukan, Peninggalan Kerajaan, dan Keindahan Alam

Mengungkap Rahasia Candi Cetho, Kisah Kutukan, Peninggalan Kerajaan, dan Keindahan Alam

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia, dengan sejarahnya yang kaya, melahirkan banyak situs bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan kerajaan-kerajaan di Nusantara. 

Salah satu peninggalan bersejarah yang menakjubkan adalah Candi Cetho.

Tidak hanya menjadi Saksi bisu masa lalu, candi ini juga telah menjelma menjadi tujuan wisata spiritual yang menarik, menawarkan pemandangan indah dan arsitektur yang unik. 

Mari kita telusuri lebih dalam tentang keindahan dan makna di balik Candi Cetho.

BACA JUGA:Apa Rasanya Mengawini Ibu dan Saudara Kandung Sendiri? Terjadi di Tradisi Suku Polahi

1. Keberadaan dan Lokasi

Candi Cetho, sebuah peninggalan kuno yang merefleksikan kejayaan kerajaan masa lalu, terletak di ketinggian 1.496 meter di atas permukaan laut.

Terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, candi ini menghadap langsung ke pemandangan indah Gunung Lawu.

Nama "Cetho" sendiri dalam bahasa Jawa berarti "jelas", yang merujuk pada pemandangan yang jelas dan indah yang dapat dinikmati dari tempat ini.

Dengan cuaca yang cerah, Anda dapat menikmati panorama Kota Karanganyar dan Solo dari ketinggian, serta menikmati keindahan jajaran pegunungan seperti Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

BACA JUGA:Istana Tua Berusia 1000 Tahun Ditemukan Warga, Diduga Kerajaan Besar Milik Raja Airlangga!

2. Arsitektur yang Memukau

Candi Cetho memiliki arsitektur yang mengesankan dan berbeda dari candi-candi Hindu pada umumnya di Jawa.

Bangunan ini diperkirakan didirikan pada masa pemerintahan Raja Brawijaya V, yang terlihat dari bentuk awalnya yang berbentuk punden berundak dengan 14 teras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: