5 Makanan Khas Papua Menggugah Selera Wajib Coba

5 Makanan Khas Papua Menggugah Selera Wajib Coba

5 Makanan Khas Papua Menggugah Selera Wajib Coba-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Papua memiliki keanekaragaman budaya, kuliner yang beragam serta keindahan alam yang luar biasa. Papua bukan hanya kaya akan sumber daya alamnya saja, tetapi juga makanan khas yang tentu tidak boleh untuk dilewatkan.

Indonesia kaya akan wisata kuliner yang beraneka rasa. Setiap daerah mempunyai makanan khasnya masing- masing terutama Papua yang memiliki makanan khas Indonesia Timur dengan sajiannya yang menggugah selera Papua yang terletak di ujung timur Indonesia menyimpan beragam kuliner yang dapat memanjakan lidah beragam makanan khas daerahnya mempunyai nama-nama yang terbilang unik dengan cita rasa yang tentunya sangat lezat.

Berikut inilah 5 makanan khas papua wajib kalian coba:

1. Tepung Sagu

Sagu menjadi menjadi masakan tradisional beberapa daerah seperti Ambon dan Papua. Sagu bisa dibuat menjadi tepung yang dibuat dari teras batang rumbia atau pohon sagu. Tepung sagu hampir mirip tepung tapioka.

BACA JUGA:Kisah Kota Yang Hilang Dalam Semalam! Berikut Fakta Unik Atlantis

Manfaat sagu di antaranya adalah dapat mencegah penyakit lambung, aman dikonsumsi penderita diabetes, dapat membuat kenyang lebih tahan lama, dan baik untuk pertumbuhan anak. 

Sagu bisa diolah menjadi papeda, sagu lempeng, sagu lempeng gula merah, sagu bakar kelapa, sagu bakar. Selain itu, bahan ini bisa kembangkan menjadi roti, biskuit, mie, soun, kerupuk, sagu mutiara, dan bahan sirup.

2. Papeda

Papeda merupakan makanan khas Papua, Maluku, dan beberapa daerah di Sulawesi. Papeda menjadi makanan khas yang paling populer, bahkan masyarakat luar Papua pun juga banyak yang menyukai makanan satu ini. Bentuk makanan ini seperti pasta atau gel. 

BACA JUGA:Benarkah Ini Adalah Atlantis Kota Yang Sudah Lama Hilang? Berikut Ciri-cirinya!

Papeda mengandung karbohidrat pengganti nasi.

Papeda memiliki warna putih bening atau agak keruh dan tekstur lengket yang mirip dengan lem. Papeda dibuat dari proses pengolahan sagu. Makanan ini biasanya dihidangkan bersama ikan, daging, kelapa, sayuran dan lainnya.

Papeda bisa dibungkus menggunakan daun pisang untuk dimakan nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: