Viral, Terkubur Logam Mulia di Situs Gunung Padang, Pendapat Peneliti EMAS, Kandungan Sebanyak Ini!!!

Viral, Terkubur Logam Mulia di Situs Gunung Padang, Pendapat Peneliti EMAS, Kandungan Sebanyak Ini!!!

PAGARALAMPOS.COM - Situs Gunung Padang tidak hanya menyimpan cerita peradaban megalitikum. Namun, dibalik itu ada informasi lebih menarik lagi.

Coba tebak, apakah itu? Ada logam mulia emas terkubur dibawah bangunan situs warisan dunia ini.

Percaya atau tidak, yuk simak lebih dalam. Situs megalitikum yang terletak di sekitar Cianjur, Jawa Barat, memang telah menjadi pusat perhatian dalam penelitian arkeologi dan geologi.

Menariknya, terdapat bongkahan emas di perut Gunung Padang, Cianjur, masih jadi tanda tanya besar. Namun potensi logam mulia terkubur di situs megalitikum dipastikan ada.

BACA JUGA:Ada Polwan Baru, Kapolres Pagar Alam Berikan Tradisi Penyambutan

Geolog dari Badan Geologi Bandung, Sutikno Bronto mengatakan, Gunung Padang, Cianjur, merupakan bekas gunung api purba.

Secara teori, pusat vulkanik gunung api biasanya mengandung emas dari magma yang keluar ke permukaan bumi. 


Foto : Ilustrasi Situs Gunung Padang.-Viral, Situs Gunung Padang Menimbun Logam Mulia, Pendapat Peneliti EMAS, Kandungan Sebanyak Ini!!!-Google.com

"Di Gunung Padang ada potensi emas, tapi sepertinya sangat dalam dan jumlahnya sedikit, dalam ukuran mikron," ujarnya saat acara Geotrek ke Gunung Padang, dikutip laman tempo.co.

Menurut Sutikno, emas yang didapat warga penambang sekitar Gunung Padang pun diketahui hanya sedikit. Istilahnya, penambang hanya mendapat bunga-bunga emas saja.

BACA JUGA:Dibikin Enak, Boleh Hubungan Sebagai Ritual Buang Sial, Inilah Tradisi Unik di Indonesia

Namun untuk memastikan emas di Gunung Padang, sulit dilakukan. "Sesuai UU Cagar Budaya, situs Gunung Padang tidak boleh dirusak oleh tujuan apa pun," ujarnya.

Selain porensi kandungan emas, Situs Gunung Padang banyak ditemukan benda peninggalan peradaban purba.

Seperti Kujang Gunung Padang, adalah sebuah benda yang memiliki bentuk mirip senjata, dengan bagian pegangan seperti pinggang dan bagian bilah yang bifasial, artinya kedua sisinya memiliki ketajaman yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: