Dempo Sudah 1,5 Tahun Waspada atau Level 2, Erupsi Selama Juli sudah 2 Kali!

Dempo Sudah 1,5 Tahun Waspada atau Level 2, Erupsi Selama Juli sudah 2 Kali!

Foto : Gunung Dempo.-Waspada, Gunung Api Dempo Terjadi Erupsi Letusan di Kawah Merapi-Google.com

PAGARALAM, PAGARALAMPOS - Sejak 2022 Status Gunung Api Dempo Kota Pagar Alam berada di levek 2 atau waspada.

Oleh sebab itu Pemantau Gunung Api Dempo selalu memberikan himbaun agar para pendaki gunung api dempo dan wisaatawan yang datang ke Pagar alam untuk selalu waspada.

Sebab bisa kapan saja terjadi erupsi atau letusan seperti yang terjadi pada Salasa Malam tanggal 25 Juli 2023 dimana Dempo megalamI Erupsi yang mencapai 2 km ditasa kawah-Nya.

Kita berharap kondisi ini tidak menggangu aktifiatas masyarakat Pagar Alam dan Pagaralam tetap aman, karena hal ini bias terjadi di Gunung yang aktip apalgi statusny amasih level 2.

BACA JUGA:Diluar Logika! Ternyata 5 Suku Indonesia Ini Jalankan Tradisi Ritual Tak Lazim! Ini Dia Sukunya

Selama Bulan Juli 2023 menjadi periode aktif bagi Gunung Api Dempo di Sumatera Selatan, Indonesia, yang sudah mengalami dua kali erupsi dan delapan kali gempa vulkanik selama bulan ini.

Terakhir kali erupsi terjadi pada Selasa (25/7) malam sekitar pukul 21.15 WIB di puncak Gunung Dempo. 

Meskipun terjadi erupsi, kondisi gunung masih dikatakan normal karena statusnya telah berada di Level 2 atau Waspada sejak tahun lalu.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dempo, Megian Nugraha, mengungkapkan bahwa status Waspada atau Level 2 baru diberlakukan dalam 1,5 tahun terakhir. 

BACA JUGA:Breaking News, Gunung Api Dempo Erupsi, Status Level 2 Waspada!

Hal ini membuat kondisi Gunung Dempo hampir sama dengan Gunung Rinjani yang juga memiliki status Waspada dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Pos Pemantau Gunung Api Dempo di Kota Pagaralam, yang berada di bawah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), mencatat bahwa selama satu bulan terakhir terjadi dua kali letusan atau erupsi di gunung tersebut. 

Selain itu, ada pula delapan kali gempa vulkanik yang telah dilaporkan ke PVMBG Bandung, dan status gunung akan dievaluasi oleh pusat untuk menentukan apakah akan naik ke level yang lebih tinggi atau tetap di Level 2.


Gunung Dempo !--Instagram

BACA JUGA:Gunung Padang Salah Satu Situs Tertua di Indonesia yang Miliki 3 Ton Logam Mulia di Dalamnya 

Meskipun statusnya masih di Level 2, setiap bulan selalu terjadi kejadian gempa vulkanik dan letusan hembusan di Gunung Dempo. 

Oleh karena itu, pihak berwenang telah menghimbau para pendaki untuk menjauhi Kawah Merapi Dempo sekitar 1 KM karena kondisinya yang sangat berbahaya.

Untungnya, Gunung Api Dempo ini memiliki kawah merapi yang cukup dalam, sehingga jika terjadi erupsi di puncak Merapi atau puncak Dempo, serta pelataran Dempo, masih berada dalam zona aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: