RSS Impeccable Kapal Selam Tercanggih di Asia Tenggara, Ternyata Tak Kalah Saing dengan KRI Alugoro 209

RSS Impeccable Kapal Selam Tercanggih di Asia Tenggara, Ternyata Tak Kalah Saing dengan KRI Alugoro 209

PAGARALAMPOS.COM - Setelah diluncurkan oleh Galangan Thyssenkrupp Marine Systems (TKMS) di Kiel, Jerman, pada 13 Desember 2022, saat ini unit perdana dari kapal selam Invincible class – yaitu RSS Impeccable.

Dikabarkan telah tiba di RSS Singapura – Changi Naval Base, pada 20 Juli 2023.

RSS Impeccable tidak dilayarkan dari Jerman, melainkan dibawa ke Singapura dengan digendong oleh Rolldock Storm – jenis Semi Submersible Heavy Lift Vessel dari Kiel pada 18 Mei 2023.

Dengan kehadiran RSS Impeccable (sebelumnya disebut Type 218SG), maka saat ini Singapura resmi mengoperasikan kapal selam dengan teknologi tercanggih di kawasan Asia Tenggara.

BACA JUGA:Turki Miliki 12 Unit Kapal Selam, Tebak Indonesia Ada Berapa

Dikutip dari siaran pers Kementerian Pertahanan Singapura, RSS Impeccable diterima di Singapura dalam upacara penyambutan yang diadakan di RSS Singapura.

Moment itu, turit dihadiri KSAL Singapura Laksamana Muda Sean Wat dan para perwira senior.

RSS Impeccable adalah salah satu dari empat unit kapal selam Invincible class yang dirancang untuk beroperasi di perairan tropis Singapura yang dangkal dan padat lalu lintas.

Invincible class dibuat khusus untuk kebutuhan Singapura, kapal selam ini memiliki kemampuan canggih, termasuk otomatisasi tingkat tinggi.

BACA JUGA:Majapahit Sang Penguasa Lautan, Miliki Kapal Perang Berukuran Raksasa?

Juga memiliki kapasitas muatan yang signifikan, daya tahan bawah air yang ditingkatkan, dan ergonomi yang dioptimalkan untuk fisik orang Asia.

Dengan bergabungnya RSS Impeccable ke dalam arsenal AL Singapura, maka semakin meningkatkan kemampuan angkatan laut untuk melindungi Singapura dan melindungi jalur komunikasi lautnya yang vital.


Foto : Kapal selam RSS Impeccable.-RSS Impeccable Kapal Selam Tercanggih di Asia Tenggara, Ternyata Tak Kalah Saing dengan KRI Alugoro 209-Indomiliter.com

RSS Impeccable akan menjalani serangkaian uji coba laut lokal dan pemeriksaan menuju operasionalisasi penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: