Telah ada Sejak 544 Tahun Silam, Masjid Perdipe Dahulunya Jadi Tempat Berkumpulnya Para Sunan, Simak Kisahnya!

Telah ada Sejak 544 Tahun Silam, Masjid Perdipe Dahulunya Jadi Tempat Berkumpulnya Para Sunan, Simak Kisahnya!

Telah ada Sejak 544 Tahun Silam, Masjid Perdipe Dahulunya Jadi Tempat Berkumpulnya Para Sunan, Simak Kisahnya!-Kolase-Berbagai Sumber

Pada era kolonial Belanda, Pagar Alam berada di bawah kendali pemerintahan Hindia Belanda. Kota ini menjadi bagian dari daerah administrasi Onderafdeling Lahat yang merupakan bagian dari Residen Palembang.

Pada masa itu, Pagar Alam dikenal sebagai kawasan pertanian yang subur dan menjadi pusat penghasilan hasil bumi, terutama kopi dan karet.

Kota Pagar Alam yang terletak di sekitar kaki Gunung Dempo menyimpan banyak jejak sejarah yang menarik, termasuk situs megalitikum dan peninggalan Islam.

Inilah cerita tentang dua warisan berharga dari masa lalu yang masih terus dikenang hingga kini.

BACA JUGA:Suku Apakah Yang Ada Di Gunung Padang? Sehingga Miliki Penemuan Yang Hebohkan Dunia Arkeologi

Jejak Megalitikum di Kota Pagar Alam


--

Jejak megalitikum di wilayah Kota Pagar Alam sangatlah melimpah.

Batu-batu besar, arca, dolmen, dan rumah batu merupakan bagian dari cagar budaya yang terawat baik oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagar Alam, dengan adanya juru pelihara (Jupel) yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menjaga situs-situs ini.

Namun, sayangnya, ada beberapa situs cagar budaya yang rusak akibat faktor alam atau bahkan tuntutan hukum oleh masyarakat setempat.

Meskipun sudah banyak yang terjaga, diyakini masih banyak situs megalitikum lain yang belum ditemukan dan bisa saja terkubur dalam kedalaman tanah.

BACA JUGA:Misteri Terpecahkan! Temuan Koin Kuno Abad ke-52 SM di Situs Gunung Padang Mengungkap Rahasia Zaman Purba

Beberapa penemuan megalitikum terjadi secara tidak sengaja saat penduduk lokal menggali tanah untuk bercocok tanam atau berkebun.

Penyebaran Ajaran Islam di Pagar Alam


--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: