Warisan Era Megalitikum Tertua Dunia, Lantas Penghuni Asli Situs Gunung Padang Adalah Manusia Purba?

Warisan Era Megalitikum Tertua Dunia, Lantas Penghuni Asli Situs Gunung Padang Adalah Manusia Purba?

Warisan Era Megalitikum Tertua Dunia, Lantas Penghuni Asli Situs Gunung Padang Adalah Manusia Purba?--Ilustrasi_net

PAGARALAMPOS.COM - Tak mengherankan jika penemuan situs di Gunung Padang disebut sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Apa sebab? Karena santernya banyak ditemukan benda benda dan bukti peninggalan masa lintas peradaban.

Situs ini telah menjadi objek penelitian dan pemahaman sejak ditemukannya struktur batu di atasnya yang diyakini memiliki usia yang sangat tua.

Namun tidak ada informasi pasti dan otentik mengenai suku penghuni situs ini, karena penelitian di situs Gunung Padang masih terus berlangsung.

BACA JUGA:Masih Misteri! Belum Diketahui Peningalan Bangsa Apa Benda Purba di Gunung Padang! Simak Cerita Lengkapnya

Namun berdasarkan penelitian awal, situs ini diyakini telah dihuni oleh masyarakat yang berasal dari berbagai periode waktu dan budaya yang berbeda.

Penelitian arkeologi di situs Gunung Padang menunjukkan bahwa struktur batu yang ditemukan di sana bisa berasal dari zaman megalitikum (Zaman Batu Besar), yang mencakup kurun waktu antara 2500 SM hingga 1500 M.

Selain itu, juga terdapat penemuan artefak dan sisa-sisa keramik yang menunjukkan adanya pengaruh dari periode kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, seperti Candi Borobudur dan Prasasti Tarumanegara.


Foto : Ilustrasi Situs Gunung Padang.-Berikut Sederet Temuan Peradaban Purba Situs Gunung Padang, Yuk Disimak Kamu Pasti Penasaran-Google.com

Namun, penting untuk diingat bahwa penelitian di situs ini masih berlangsung, dan belum ada kesepakatan pasti mengenai sejarah dan suku penghuni yang tepat dari situs Gunung Padang di Cianjur.

Gunung Padang, sebuah situs megalitikum yang terletak di sekitar Cianjur, Jawa Barat, telah menjadi pusat perhatian dalam penelitian arkeologi dan geologi.

Situs ini menawarkan artefak dan struktur yang menarik. Seperti temuan logam purba

BACA JUGA:Viral, Selain Artefak Kujang, Peneliti Temukan Koin Kuno Berusia 5200 SM Terpendam di Situs Gunung Padang

Menurut Juru Pelihara Gunung Padang dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang, Nanang, benda ini ditemukan di sekitar parit di teras lima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: