Gilaa, Swedia Borong 250 Unit Rudal AIM-120C-8 AMRAAM, Untuk Apa Ya?

Gilaa, Swedia Borong 250 Unit Rudal AIM-120C-8 AMRAAM, Untuk Apa Ya?

PAGARALAMPOS.COM - Meski masih terganjal untuk bergabung sebagai anggota resmi NATO, namun posisi Swedia kini tidak lagi sebagai negara netral.

Lantaran Swedia mendukung penuh Ukraina, termasuk menjadi donatur persenjataan. Dan itu rupanya telah membuat negara asal merek otomotif Volvo ini ketar-ketir, yakni terancam berkonflik langsung dengan Rusia.

Buntut dari adanya ancaman serangan dari Rusia, Swedia kini telah menjadi negara pengguna sisten hanud Patriot, terutama guna menghadapi potensi serangan rudal balistik.

Lain dari itu, belum lama ini ada kabar bahwa Amerika Serikat telah memberikan lampu hijau bagi Swedia.

BACA JUGA:Hanya Semesta yang Tahu, Dimana Rimbanya 3 Pendekar Sakti Tanah Jawa Ini?

Untuk membeli ratusan unit rudal udara ke udara jarak jauh, AIM-120 AMRAAM (Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile) produksi Raytheon.

Dikutip dari US Defence Security Cooperation Agency (DCSA) – 7/7/2023, Departemen Pertahanan Amerika Serikat, telah memberi persetujuan untuk potensi penjualan 250 unit rudal AIM-120C-8 AMRAAM.


Foto: Rudal untuk persenjataan Jet Tempur Gripen milik angkatan AU Swedia.-Gilaa, Swedia Borong 250 Unit Rudal AIM-120C-8 AMRAAM, Untuk Apa Ya-Google.com

Berikut peralatan pendukungnya senilai US$650 juta. DCSA menyebut telah mengirimkan sertifikasi yang diperlukan untuk memberi tahu Kongres tentang kemungkinan penjualan tersebut.

BACA JUGA:Rusia Upgrade Tu-95MSM, Dilengkapi 4 Rudal Jelajah Mampu Mengangkut Hulu Ledak Nuklir, Indonesia Punyakah!

Sebelumya, Pemerintah Swedia telah meminta izin untuk pembelian dua ratus lima puluh (250 unit) AIM-120C-8 Advanced Medium Range Air-to-Air Missiles (AMRAAM); dan enam unit AMRAAM C-8 Guidance Section.

Juga termasuk bagian kontrol dan kontainer AIM-120 cadangan; AMRAAM Test Set (ATS) telemetry kits; perangkat enkripsi; dukungan amunisi dan peralatan pendukung; pengiriman dan dukungan perangkat lunak rahasia.

Untuk suku cadang, bahan habis pakai, dan aksesori; dukungan perbaikan dan pengembalian; dukungan transportasi; publikasi rahasia dan dokumentasi teknis; studi dan survei.

Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: