Hari Ini, 101 Tahun Lalu, Momen Air Refueling Pertama Angkatan Udara AS

Hari Ini, 101 Tahun Lalu, Momen Air Refueling Pertama Angkatan Udara AS

Foto : Pilot AU amerika-Hari Ini, 101 Tahun Lalu, Momen Air Refueling Pertama Angkatan Udara AS-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Persis 101 tahun lalu, bertepatan dengan 27 Juni 1923, Angkatan Udara AS (USAF) memperingati momen pengisian bahan bakar di udara (air refueling) pertama kali.

Guna memperingati momen besar ini, Angkatan Udara AS berencana melakukan penerbangan di seluruh (50) negara bagian dengan melibatkan pesawat tanker KC-135 Stratotanker, KC-10 Extender dan KC-46A Pegasus.

Dari laman avweb.com, lebih dari 150 pesawat tanker dari 26 kesatuan dilibatkan dalam penerbangan bersejarah 27 Juni 2023.

“Pengisian bahan bakar udara mendorong kekuatan udara negara kita melintasi langit, melepaskan potensi penuhnya,” kata Air Mobility Command Commander, Jenderal Mike Minihan.

BACA JUGA:The New Stealth KC-Z, Next-Generation Air Refueling System

Ini menghubungkan visi strategis kami dengan realitas operasional, memastikan kami dapat menjangkau setiap sudut dunia dengan kecepatan dan ketepatan yang tak tergoyahkan.

Pengisian bahan bakar di udara mewujudkan tekad kami untuk mempertahankan kebebasan dan memproyeksikan kekuatan, meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah penerbangan.”

Dari sejarahnya, operasi pengisian bahan bakar udara pertama berlangsung pada 27 Juni 1923, ketika itu, bahan bakar berhasil ditransfer antara dua De Haviland DH-4B Angkatan Darat AS (saat itu belum berdiri Angkatan Udara AS) – melalui selang gravitasi.

Misi tersebut diterbangkan oleh Letnan Satu Virgil Hine, Letnan Satu Frank W. Seifert, Kapten Lowell H. Smith dan Letnan Satu John P. Richter.

BACA JUGA:Polandia Segera Produksi MBT K2 Black Panther, Jumlahnya Sebanyak Ini

Proses pengisian bahan bakar tersebut berlangsung di langit San Diego, California.

DH4 adalah pesawat Perang Dunia I yang sangat sukses, dirancang oleh Geoffrey de Havilland. Pesawat itu dibangun oleh beberapa pabrikan di Eropa dan Amerika Serikat.


Foto : Pilot AU amerika-Hari Ini, 101 Tahun Lalu, Momen Air Refueling Pertama Angkatan Udara AS-Indomiliter.com

DH-4B adalah DH.4 yang dibangun kembali dengan kapasitas bahan bakar meningkat menjadi 110 galon (420 liter). DH-4B memiliki panjang 9,29 meter dengan lebar sayap 13,25 meter dan tinggi 3,15 meter. Berat payload DH-4B standar adalah 1.613,4 kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: