wow, Belanda Restitusi 472 Benda Bersejarah ke Indonesia, Diambil Saat Penjajahan Kolonial!

wow, Belanda Restitusi 472 Benda Bersejarah ke Indonesia, Diambil Saat Penjajahan Kolonial!

--

PAGARALAMPOS.COM - Benda-Benda budaya yang akan dikembalikan oleh Kerajaan Belanda  antara lain ‘harta karun Lombok’, empat arca Singasari, sebilah keris dari Klungkung, Bali, dan 132 Benda seni rupa modern dari Bali yang dikenal sebagai koleksi Pita Maha.

Benda-benda sebenarnhya sudah pernah dipint alama oleh Republik Indonesia, namun sampai saat ini belum pernah ada respon dan tanggapan bakal dikembalikan.

Syukurnya beberpa waktu terakhir ini dunia maya dihebohkan dnegan pmeberitaan belanda akan mengembalikan hrta benda bersejarah yang pernah mereka ambil saat menjajah Ipu Pertiwi Indonesia.

Namun kebenarnya sampai saat ini masih ditunnggu oleh bansa Indonesia.

BACA JUGA:Ratusan Benda Bersejarah Indonesia yang Diperoleh Saat Penjajahan, Dikembalikan Belanda, Apa Benar?


--

Sejarah Indonesia tak lepas dari yang namanya Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, Dimana Dahulu Tanah air berjuang menang dari jajahan belanda.

Tak Hanya merdeka Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan benda bersejarah dari sebelum hingga saat merdeka yang tersebar di Indonesia.

Kali ini Ada kabar terbaru bahwa,  Belanda akan mengembalikan 472 objek benda budaya penting peninggalan sejarah Indonesia

Diketahui Benda-benda bersejarah itu dibawa secara tidak sah dan diperoleh secara paksa atau dengan penjarahan selama masa kolonial dahulu.

BACA JUGA:Raih Karir Mengkilap dengan Kuliah di PKN STAN, Langsung Menjadi CPNS dan Mengabdi di Lembaga Keuangan Negara!

Pagaralampos.com mengutip dari berbagai sumber, Bahwa Kedutaan dari Kerajaan Belanda dalam keterangan yang diterima di Jakarta, pada Kamis 6 Juli 2023. 

Mereka melaporkan keputusan tersebut dibuat oleh Gunay Uslu Sekretaris Negara untuk Urusan Kebudayaan dan Media berdasarkan rekomendasi Komite Penasihat Pengembalian Benda Budaya dari Masa Kolonial.

Diketahui Benda-benda budaya yang dikembalikan antara lain ‘harta karun Lombok’, empat arca Singasari, sebilah keris dari Klungkung, Bali, dan 132 benda seni rupa modern dari Bali yang dikenal sebagai koleksi Pita Maha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: