5 Tips Efektif untuk Mengajarkan Anak Menabung Sejak Usia Dini, Membantu Masa Depan Keuangan Mereka!

5 Tips Efektif untuk Mengajarkan Anak Menabung Sejak Usia Dini, Membantu Masa Depan Keuangan Mereka!

5 Tips Efektif untuk Mengajarkan Anak Menabung Sejak Usia Dini, Membantu Masa Depan Keuangan Mereka!-kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Uang memang bukan merupakan segalanya, namu pentingnya edukasi untuk anak tentang keuangan perlu di tanamkan sedini mungkin.

Hal ini bertujuan agar ketika dewasa nanti, mereka dapat menghargai uang dan memiliki kebiasaan menabung yang baik. Menabung merupakan kebiasaan positif yang dapat diajarkan pada anak sejak kecil.

Sebelum melatih anak untuk menyimpan, penting untuk memberikan pemahaman kepada mereka tentang pentingnya menyimpan dengan bahasa yang sederhana.

Misalnya, jelaskan kepada mereka bahwa meskipun uang jajannya setiap hari terasa kecil, jika ia menyimpan uang tersebut selama satu minggu, ia akan bisa membeli mainan bagus yang diinginkannya.

BACA JUGA:8 Tips Merawat iPhone agar Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak, Panduan Lengkap untuk Pengguna iPhone!

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk melatih anak agar rajin menabung:

1. Belikan Celengan yang Lucu


--

Anak-anak cenderung antusias terhadap hal-hal yang lucu dan berwarna-warni, seperti mainan.

Maka, cobalah membelikan mereka celengan dengan bentuk dan warna yang disukai. Pilih celengan yang tidak memiliki bukaan kunci agar anak tidak tergoda untuk membuka celengan sebelum penuh.

2. Ajak Anak ke Bank


--

Anak adalah peniru ulung dan mereka senang meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Manfaatkan kesempatan ini untuk melatih anak agar rajin menabung secara tidak langsung.

Ajak anak ke bank saat kamu perlu mengatur atau mengambil uang. Sambil berada di bank, jelaskan apa itu bank dan bagaimana cara menabung di bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: