1 Nyawa Melayang, Rumah dan Fasilitas Umum Rusak, Ini Daerah Yang Terdampak Gempa di Yogyakarta

1 Nyawa Melayang, Rumah dan Fasilitas Umum Rusak, Ini Daerah Yang Terdampak Gempa di Yogyakarta

Korban gempa jogja, Bencana alam gempa jogja, dampak gempa jogja, kekuatan gempa jogja, info jogja terkini, info jogja terbaru, --Net

PAGARALAMPOS.COM - BNPB mencatat bahwa satu warga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meninggal dunia akibat gempa magnitudo (M)6,4. Informasi ini diperoleh pada malam ini 30 Juni 2023 pukul 23.00 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di wilayah DIY, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), dan Provinsi Jawa Timur (Jatim). 

Berdasarkan informasi terkini, satu warga meninggal dunia dan satu orang lainnya mengalami luka ringan di Kabupaten Bantul. Sedangkan di Kabupaten Tegal, Provinsi Jateng, satu orang mengalami luka ringan.

BPBD Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah melaporkan bahwa 11 kepala keluarga (KK) warganya terdampak, di antaranya satu KK (dua jiwa) mengungsi. Di Kabupaten Purbalingga, 4 KK (15 jiwa) juga terdampak. Petugas BPBD setempat masih melakukan pendataan dan penanganan darurat di lapangan.

BACA JUGA:Fix. Atlantis yang Hilang Adalah Indonesia, Ciri-cirinya Ditemukan di Gunung Padang?

Sementara itu, total terdapat 93 unit rumah yang rusak dengan tingkat kerusakan ringan hingga sedang. Petugas masih terus melakukan pendataan jumlah rumah terdampak, baik di wilayah DIY, Jateng, maupun Jatim. Berikut adalah rincian rumah yang rusak di beberapa wilayah:

1. Provinsi Jateng: Kabupaten Kebumen memiliki 8 unit rumah rusak ringan dan 2 unit rusak sedang. Kabupaten Magelang dan Tegal masing-masing memiliki 1 unit rumah rusak, sedangkan di Kabupaten Purbalingga tercatat 4 unit rumah rusak.

2. Provinsi Jatim: Diidentifikasi bahwa di Kabupaten Pacitan terdapat total 28 unit rumah yang rusak.

3. Wilayah DIY: BPBD mencatat bahwa di Kabupaten Bantul terdapat 30 unit rumah yang rusak, sedangkan di Kabupaten Gunung Kidul terdapat 19 unit rumah yang rusak.

BACA JUGA:Entah Hilang Kemana? 3 Pendekar Sakti di Pulau Jawa ini Tak Pernah Ditemukan Hingga Saat ini

Selain kerusakan pada tempat tinggal, gempa ini juga berdampak pada fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah, pemerintahan, layanan kesehatan, dan jaringan listrik.

Kerusakan ringan pada fasilitas ibadah terjadi di satu unit di Kebumen, Provinsi Jateng. Sedangkan di DIY, satu unit sekolah rusak, lima unit fasilitas pemerintahan rusak di Gunung Kidul, satu unit fasilitas pendidikan rusak di Bantul, dan satu unit fasilitas kesehatan rusak di Kulon Progo.

Di Kabupaten Pacitan, terdapat empat unit kantor yang rusak dan dua unit sekolah yang rusak.

Gempa M6,4 ini memiliki pusat gempa di 86 km barat daya Bantul, DIY, dengan kedalaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: