Wajar Saja SAKTI, Aji Saka Dalam Perwayangan Adalah Anak Dewa

Wajar Saja SAKTI, Aji Saka Dalam Perwayangan Adalah Anak Dewa

PAGARALAMPOS.COM - Sosok Aji Saka, sang pendekar sakti sekaligus pembawa peradaban ke Tanah Jawa jadi legenda.

Percaya atau tidak, jika Aji Saka asal usulnya dari India ini juga dikisahkan dalam dalam cerita pewayangan, berdasarkan Serat Pustakaraja Purwa versi Ronggowarsito maupun versi daerah Ngasinan.

Aji Saka juga dikenal dengan nama Batara Aji Saka, Jaka Sengkala, Empu Sengkala, dan Prabu Wisaka. 

Ia merupakan anak dari Batara Anggajali dan cucu dari Batara Ramayadi. Ayah dan kakeknya adalah Dewa Pembuat Pusaka Kadewatan untuk Para Dewa yang dipimpin oleh Batara Guru.

BACA JUGA:Raja Sekaligus Pendekar Pertama Tanah Jawa, Inilah Kisah Sang Aji Saka!

Silsilahhya, Batara Anggajali menikah dengan seorang Putri bernama Dewi Saka dari kerajaan Najran di Tanah Hindustan.

Kerajaan Najran dipimpin oleh Prabu Sakil yang pernah diselamatkan oleh Batara Anggajali saat kapalnya tenggelam di samudra. 

Sebelum kelahiran Aji Saka, ayahnya dipanggil oleh Batara Guru untuk kembali membuat pusaka kahyangan. Sampai usia dewasa Aji Saka tidak pernah bertemu dengan Ayahnya. 

Setelah meminta ijin kakek dan ibunya, Aji Saka pergi mencari ayahnya. Sesuai petunjuk kakeknya Ia menemukan Ayahnya sedang mengambang di atas samudra sambil membuat senjata menggunakan tangannya.

BACA JUGA:Miliki Kemampuan Gaib, Ajisaka Adalah Pahlawan Rakyatnya!

Setelah memperkenalkan diri, Batara Anggajali pun langsung mengakui putranya tersebut. Aji Saka yang kagum dengan kesaktian Ayahnya, memohon agar menjadi muridnya. 

Namun Sang Ayah menolak dan memberitahu kalau Batara Ramayadi yang juga kakek Aji Saka jauh lebih sakti. 

Setelah mendapat petunjuk ke arah mana Aji Saka dapat menemui kakeknya. Aji Saka dapat menemukan Batara Ramayadi sedang duduk mengambang di udara sedang membuat pusaka kahyangan hanya dengan melihat saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: