Ajisaka Dilegendakan Raja Pertama di Tanah Jawa, Pembawa Peradaban Ajaran Hindu Budha

Ajisaka Dilegendakan Raja Pertama di Tanah Jawa, Pembawa Peradaban Ajaran Hindu Budha

ajisaka-Kolase by Pagaralampos.com-net

BACA JUGA:Penuh Mistis, 3 Pendekar Sakti di Pulau Jawa ini Menghilang Moksa, Salahsatunya Tokoh Perwayangan, Siapa Dia

BACA JUGA:Misteri Pendekar Ajisaka, Benarkah Moksa Atau Hilang Tanpa Jejak?

Sehingga konon sosok Sabda Palon ini juga merupakan makhluk gaib yang menjadi pelindung dan penjaga raja-raja di tanah Jawa sejak 525 tahun sebelum masehi (SM) yang bisa menitis kepada seseorang.

Sang Manik Maya ini juga disebut-sebut dapat membuat kawah air panas di atas sejumlah gunung berapi di tanah Jawa bergolak. Bagi orang Jawa yang berpegang pada kawruh Jawa pastilah memahami tentang apa dan bagaimana Semar.

Secara ringkas dapat dijelaskan bahwa Semar adalah merupakan utusan gaib Gusti Kang Murbeng Dumadi (Tuhan Yang Maha Kuasa) untuk melaksanakan tugas agar manusia selalu menyembah dan bertaqwa kepada Tuhan, selalu bersyukur serta berjalan pada jalan kebaikan.

Di kalangan spiritualis Jawa pada umumnya, keberadaan Semar diyakini berupa ”suara tanpa rupa”. Percaya atau nggak gaes!.

BACA JUGA:4 Nama Makam di Puncak Gunung Salak, No 4 Tokoh Perwayangan?

BACA JUGA:Misteri Pendekar Ajisaka, Benarkah Moksa Atau Hilang Tanpa Jejak?

Secara khusus bagi yang memahami lebih dalam lagi, keberadaan Semar diyakini dengan istilah “mencolo putro, mencolo putri”, artinya dapat mewujud dan menyamar sebagai manusia biasa dalam wujud berlainan di setiap masa.

Dalam perwujudannya sebagai manusia tetap mencirikan karakter Semar sebagai sosok “Begawan atau Pandhita”. Hal ini dapat dipahami karena dalam kawruh Jawa dikenal adanya konsep “menitis” .

Namun kisah kedekatan sang penasihat spritual ini dengan Raja Brawijaya V akhirnya berakhir saat sang raja memutuskan untuk memeluk agama Islam.

Namun Sabda Palon bersumpah akan kembali lagi 500 tahun setelah meninggalkan Raja Brawijaya V untuk kembali menjadi penjaga bagi tanah Jawa.

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah yang Hilang, Melacak Jejak Misteri Keberadaan Ajisaka dan Tiga Pendekar Sakti

BACA JUGA:Miliki Kemampuan Gaib, Ajisaka Adalah Pahlawan Rakyatnya!

Akan tetapi, seiring dengan runtuhnya kerajaan Majapahit, Sabdo Palon pun menghilang tanpa jejak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: